Berita  

Aher Pastikan Jabar Aman dan Kondusif

Bandung, KabarBerita.id — Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menyakini penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 di Jawa Barat aman dengan dukungan dari berbagai unsur masyarakat dan media.

“Jabar tidak rawan, aman, toleran kita bicara bukti saja secara kasat mata dan feeling sekaligus. Tabiat masyarakat Jabar yang lemah lembut, repeh rapihsilih asah silih asih silih asuh, itu menjadi tabiat,” kata Aher dalam acara Pilgub Jabar di Saung Ujo Bandung.

Hal itu dikatakan Aher, berkaca pada penyelenggaraan Pilkada sebelumnya di Jawa Barat. Ia mencontohkan, pada gelaran Pilkada 2008 dan 2013 tidak ada catatan konflik di sejumlah daerah.

Dengan begitu, pada penyelenggaraan Pilkada serentak 2018, ia optimis akan berjalan aman, lancar, dan tanpa kendala apapun.

“Kecuali kalau kita punya catatan tidak aman, sekarang juga pasti tidak aman terganggu, tapi kan ini tidak,” katanya.

Hal ini juga dipertegas dengan ada komitmen dari Polri, TNI, ulama, serta tokoh lintas agama yang berkomitmen menciptakan Pilkada aman.

“Kita akan mengokohkan, pemerintah berkumpul dengan Polri, TNI, ulama, maupun lintas agama, sebagaimana menciptakan komitmen aman,” katanya.

Menurut dia, kampanye hitam serta penyebaran hoax (berita bohong) dinilai menjadi gangguan yang harus diantisipasi oleh berbagai pihak. Terlebih kini penyebaran kabar negatif tersebut bisa cepat melalui media sosial.

Lanjutnya, salah satu upaya melawan berita bohong melalui pemberitaan media yang akurat dan terpercaya. Dengan begitu, berita bohong atau hoax yang berkembang di media sosial akan luntur dengan sendirinya.

“Itulah peran media bisa mempengaruhi pikiran masyarakat ada dalam posisi keakuratannya dan kedamaiannya,” kata dia.

Tinggalkan Balasan