Info  

Agar Tubuh Lebih Sehat,Haruskah Berjalan Kaki Hingga 10.000 Langkah?

Jakarta, KabarBerita.id — Kemenkes menyatakan bahwa jalan kaki memiliki manfaat memperpanjang harapan usia hidup.Slogan jalan kaki 10000 langkah sering kita dengar dan dinilai sebagai salah satu cara untuk menyehatkan badan.

Manfaat lain yang bisa didapat dengan berjalan kaki ialah meningkatkan metabolisme tubuh mengurangi stres baik untuk efektivitas jantung dan paru-paru menurunkan kolesterol serta memperlambat penuaan.

Akan tetapi demi mendapatkan banyak manfaat tersebut kita tidak harus berjalan sampai 10000 langkah per harinya.

Jama Internal Medicine pada 2019 menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa berjalan kaki 4400 langkah per hari pun memiliki efek serupa.

Studi tersebut melibatkan wanita Amerika berusia 54 hingga 72 tahun. Dalam studi tersebut mereka yang berjalan 4400 langkah per hari memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dibanding dengan yang berjalan kurang dari 2700 langkah per hari.

Penelitian lain yang dilakukan tahun 2020 juga menunjukkan bahwa berjalan hingga 8.000 langkah perhari juga memberikan efek yang sama.

Oleh karena itu dari kedua penelitian bisa membuktikan bahwa,dengan berjalan 10000 langkah per hari belum tentu lebih baik atau lebih menyehatkan.

Oleh karena itu jika tubuh tidak sanggup untuk berjalan hingga sebanyak 10000 langkah per harinya, maka kita hanya perlu melakukan 4000 langkah atau sesuai kemampuan kita.

Pun demi menjaga agar tubuh tetap sehat,selain berjalan kaki kita bisa melakukan beberapa hal yakni mengonsumsi makanan sehat bergizi, mengelola stres, dan istirahat yang cukup.

Tinggalkan Balasan