Adu Penalti, Timnas Indonesia Raih Perunggu Usai Menang atas Malaysia

Jakarta, KabarBerita.id  — Timnas Indonesia U-23 merebut medali perunggu SEA Games 2021 (2022) setelah menang adu penalti 4-3 (1-1) atas Malaysia di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (22/5) sore WIB.

Timnas Indonesia U-23 memastikan kemenangan melalui eksekusi penalti Marc Klok. Pemain naturalisasi itu menjadi penendang terakhir tim Garuda.

Timnas Indonesia U-23 mendapatkan dua peluang beruntun ketika pertandingan belum genap berjalan lima menit di pertandingan ini. Peluang pertama yang didapat Ronaldo Kwateh masih bisa diblok kiper Malaysia, sedangkan tembakan Saddil Ramdani masih belum menemui sasaran.

Malaysia bukan tanpa peluang. Ada dua kesempatan yang didapatkan yang didapatkan Muhammad Safwan tetapi belum berbuah gol. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Timnas Indonesia U-23 akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit ke-69. Umpan terobosan dari Marselino tidak disia-siakan Ronaldo untuk menggetarkan gawang Malaysia dan mengubah skor menjadi 1-0.

Terus ditekan gawang Ernando Ari akhirnya kebobolan pada menit ke-82. Tembakan Hadi Fayyadh yang berbelok arah setelah mengenai bagian tubuh Rizky Ridho menggetarkan gawang Indonesia dan membuat skor menjadi 1-1.

Di sisa waktu normal babak kedua, Timnas Indonesia U-23 dan Malaysia tak mampu mencetak gol lagi. Pemenang pertandingan ini pun harus ditentukan melalui adu penalti.

Muhammad Hairiey kemudian bisa mencetak gol meski tendangannya mampu dibaca Ernando untuk membawa Malaysia unggul 1-0 dalam adu penalti. Namun, Ridwan menyamakan kedudukan setelah tendangannya menggetarkan gawang Malaysia.

Ernando kembali jadi sosok pembeda. Pemain Persebaya itu mampu menggagalkan tendangan penalti Luqman Hakim. Marselino yang maju sebagai eksekutor bisa melaksanakan tugas dengan baik untuk membawa Indonesia unggul 2-1.

Malaysia bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat eksekusi penalti Harith Haiqal. Tetapi Saddil Ramdani bisa membawa Indonesia unggul 3-2 lewat eksekusi penalti yang mulus dan kemenangan tim Garuda Muda ditentukan oleh tendangan penalti Klok untuk menutup pertandingan dengan skor 4-3.

Tinggalkan Balasan