Anies Baswedan Memimpin dalam Kesadaran Pemilih Pilgub DKI Menurut Indikator Politik

Jakarta, KabarBerita.id — Survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia mengungkapkan bahwa Anies Baswedan menduduki posisi tertinggi dalam kesadaran pemilih terkait Pilgub Jakarta 2024.

 

Menurut Burhanuddin Muhtadi, pendiri dan peneliti utama Indikator Politik Indonesia, sebagian besar warga Jakarta telah memiliki preferensi meskipun calon gubernur belum ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 

“Dalam simulasi top of mind, tanpa memberi informasi calon spesifik, hampir 40 persen atau tepatnya 39,7 persen memilih Anies Baswedan,” ujar Burhanuddin dalam presentasinya, Kamis (25/7).

 

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menempati posisi kedua dengan 23,8 persen, diikuti oleh Ridwan Kamil dengan 13,1 persen.

 

“Sedangkan nama-nama lainnya, seperti Tri Rismaharini, Erick Thohir, Erwin Aksa, Ahmad Sahroni, dan Heru Budi Hartono, masing-masing mendapat dukungan di bawah 2 persen,” tambahnya.

 

Survei dilakukan dari tanggal 18 hingga 26 Juni 2024 dengan melibatkan 800 responden yang dipilih secara acak dari seluruh WNI di DKI Jakarta, dengan margin of error +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Sementara itu, hasil survei dari LSJ memperlihatkan Ridwan Kamil sebagai pemimpin elektabilitas dengan 23,4 persen, diikuti oleh Tri Rismaharini dengan 19,2 persen, dan Anies Baswedan dengan 18,4 persen. Survei ini dilakukan pada 8-15 Januari 2024.

 

Penyebutan hasil survei ini dilakukan dengan hati-hati untuk menghormati metodologi dari masing-masing lembaga survei, yang mencatatkan perbedaan dalam penilaian elektabilitas para calon gubernur DKI Jakarta.

Tinggalkan Balasan