Van Dijk Kritik Wasit Usai Belanda Disingkirkan Inggris

Jakarta, KabarBerita.id -– Kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk, mengkritik keputusan wasit Felix Zwayer setelah Belanda dikalahkan oleh Inggris dengan skor 1-2 pada semifinal Euro 2024, Kamis (11/7) dini hari WIB.

Kontroversi ini bermula dari penalti yang diberikan kepada Inggris di babak pertama. Zwayer menunjuk titik putih setelah melihat insiden antara Harry Kane dan Denzel Dumfries di kotak penalti Belanda melalui layar Video Assistant Referee (VAR) pada menit ke-14.

Penalti tersebut diberikan karena terdapat kontak antara kaki Dumfries dan Kane sesaat setelah Kane melepaskan tembakan voli yang tidak membuahkan gol.

“Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan, saya tidak tahu apakah saya harus mengatakan sesuatu mengenai hal ini. Wasit masuk cukup cepat ke ruangannya setelah pertandingan dan tidak memiliki waktu untuk berjabat tangan, itu bisa menjelaskan segalanya,” ujar Van Dijk seusai pertandingan, dikutip dari Express.

“Itulah yang terjadi. Pertandingan sudah selesai dan hasil ini sulit untuk diterima. Di beberapa momen tertentu jelas bahwa keputusan seharusnya menguntungkan kami, namun kenyataannya tidak demikian. Saya tidak tahu harus berkata apa, sulit untuk menerima hal ini,” lanjutnya.

Penalti tersebut menjadi salah satu faktor penentu dalam laga ini. Kane, yang menjadi eksekutor, berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Sebelumnya, Belanda sempat unggul 1-0 melalui gol spektakuler Xavi Simons saat pertandingan baru berjalan tujuh menit.

Namun, Inggris berhasil keluar sebagai pemenang berkat gol yang dicetak oleh Ollie Watkins pada masa injury time babak kedua.

Hasil ini menghentikan langkah Belanda dan memastikan Inggris melaju ke final Euro 2024, di mana mereka akan menghadapi Spanyol pada Senin (15/7) dini hari WIB.

Tinggalkan Balasan