Makanan dan Minuman Pembersih Paru-paru, Mitos atau Fakta?

Jakarta, KabarBerita.id -– Buah pembersih paru-paru, minuman pembersih paru-paru, susu pembersih paru-paru, hingga makanan pembersih paru-paru sering kali didengar dalam berbagai klaim kesehatan.

 

Selain makanan dan minuman, berbagai metode tertentu juga diklaim dapat membersihkan paru-paru. Klaim tersebut menyebutkan bahwa paru-paru yang terpapar polutan bisa menjadi bersih kembali dan terhindar dari penyakit berbahaya.

 

Namun, apakah benar paru-paru bisa dibersihkan?

 

Menurut dr. Astri Indah Prameswari, seorang dokter spesialis paru yang berpraktek di Eka Hospital BSD, berdasarkan ilmu kedokteran, paru-paru sebenarnya tidak bisa dibersihkan menggunakan makanan atau minuman.

 

“Sampai saat ini, tidak ada makanan, minuman, atau buah-buahan yang benar-benar bisa membersihkan paru-paru,” jelas dr. Astri saat ditemui di BSD, Tangerang, Kamis (27/6).

 

Ia menjelaskan bahwa paru-paru bukanlah organ yang dapat dibersihkan dengan cara tersebut. Buah-buahan, minuman, atau makanan yang diklaim bisa membersihkan paru-paru kemungkinan besar hanya berpengaruh pada peningkatan imunitas tubuh.

 

Makanan dan minuman tersebut tidak benar-benar membersihkan paru-paru, melainkan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Paru-paru, menurut dr. Astri, mempertahankan diri dari berbagai bakteri dan penyakit melalui sistem kekebalan tubuhnya, bukan melalui proses pembersihan.

 

“Paru-paru memiliki sistem pertahanan alami yang bekerja melawan partikel asing, seperti debu, polusi, asap rokok, bakteri, dan virus,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan