Waspada Miom dan Kista Kandungan, Haid Tak Normal Jadi Gejala

Jakarta, KabarBerita.id — Menjaga kesehatan reproduksi menjadi hal penting bagi setiap wanita. Siklus menstruasi yang tidak normal bisa menjadi tanda adanya gangguan pada organ reproduksi seperti kista atau miom. Kondisi ini seringkali menimbulkan gejala seperti menstruasi berlebihan, nyeri yang berlebihan, atau bahkan benjolan pada perut.

 

Menurut dr Robert Hunan Sp.OG D.MAS F.MIS dari Mayapada Hospital Surabaya, miom adalah tumor jinak yang tumbuh di jaringan ikat atau otot rahim. Sebanyak 20 hingga 30 persen wanita mengalami miom uteri atau fibroid. Sementara itu, kista adalah kantung yang bisa berisi cairan dan dapat muncul di organ terdekat seperti ovarium. Kista ovarium sendiri dialami sekitar 10 persen wanita, dengan jenis utama seperti kista fungsional dan kista endometriosis.

 

Terkait gejala, dr Robert menjelaskan bahwa kista ovarium umumnya tidak menunjukkan gejala, kecuali pada kasus kista endometriosis atau jika terjadi torsio atau pecahnya kista. Sementara miom uteri seringkali menyebabkan gejala seperti menstruasi berlebihan, memanjang, nyeri haid, atau benjolan pada perut.

 

Namun, tidak semua kasus kista atau miom memerlukan tindakan operasi. Kista fungsional atau kista endometriosis yang kecil dapat mengecil atau hilang dengan sendirinya. Begitu juga dengan miom kecil yang bisa dipantau tanpa perlu intervensi operasi.

 

Namun, jika kista atau miom sudah berukuran lebih dari empat sentimeter dan menimbulkan keluhan, dr Robert menyarankan untuk mempertimbangkan tindakan operatif. Saat ini, metode laparoskopi menjadi pilihan operasi yang lebih modern dan minim invasif. Prosedur ini memanfaatkan sayatan kecil untuk memasukkan kamera dan alat medis ke dalam perut, memungkinkan dokter untuk melakukan operasi dengan lebih sedikit trauma dan pemulihan yang lebih cepat.

 

Dr Robert juga menekankan pentingnya bagi wanita untuk tidak mengabaikan gejala atau keluhan yang mungkin timbul. Pemeriksaan secara teratur dan konsultasi dengan dokter dapat membantu dalam penanganan dini dan memilih solusi pengobatan yang tepat sesuai dengan perkembangan medis saat ini.

 

Dengan demikian, memahami gejala dan perawatan yang tepat untuk kista dan miom dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi dan kualitas hidup secara keseluruhan bagi wanita.

Tinggalkan Balasan