PKS: Anies Baswedan Telah Melalui Uji Kelayakan DPW untuk Pilgub Jakarta

Jakarta, KabarBerita.id — Hidayat Nur Wahid (HNW) mengungkapkan bahwa Anies Baswedan telah menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta.

 

“DPW sudah melakukan UKK,” kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu di kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa (18/6), ketika ditanya mengenai status uji kelayakan Anies.

 

Meskipun demikian, HNW tidak memberikan detail lebih lanjut mengenai hasil UKK tersebut, namun menyatakan bahwa DPP PKS masih terbuka untuk melakukan UKK kembali terhadap Anies jika diperlukan.

 

“Apakah akan ada UKK dari DPP lagi, itu akan sangat tergantung pada keputusan DPP,” ujarnya.

 

HNW juga menjelaskan bahwa proses UKK dari PKS di tingkat kabupaten/kota sedang berlangsung, dan DPP akan memanggil DPW terkait dengan kandidat yang diusung dalam pilkada.

 

“Proses ini akan berjalan sama untuk yang lainnya. Kami di DPP akan melakukan rapat, memanggil kawan-kawan dari DPP atau DPD, dan kami akan mengkonfirmasi apa yang mereka putuskan,” tambahnya.

 

Sebelumnya, HNW telah mengumumkan bahwa DPW PKS Jakarta merekomendasikan Anies Baswedan sebagai calon gubernur untuk Pilkada Jakarta 2024, mengingat masih banyak dukungan dari masyarakat untuk Anies kembali memimpin.

 

“Keputusan akhir nantinya akan menjadi rekomendasi dari DPP, dan semuanya masih dalam proses penggodokan,” ungkap HNW sebelumnya.

 

Anies sendiri telah diresmikan oleh DPW PKB DKI Jakarta sebagai calon gubernur, dan akan mengikuti uji kelayakan di tingkat DPP. Selain dari PKB dan PKS, Anies juga memiliki peluang untuk diusung oleh NasDem.

 

Hari ini, DPW Partai NasDem Jakarta telah mengajukan tiga nama kepada DPP untuk dipilih sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024, termasuk Anies Baswedan. NasDem berencana untuk mengumumkan nama calon yang diusung paling lambat pada 31 Juli 2024.

 

Selain itu, Anies juga sedang dipertimbangkan oleh PDIP. Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani menyatakan bahwa Anies adalah calon yang menarik untuk dipertimbangkan di DKI Jakarta.

Tinggalkan Balasan