Jakarta, KabarBerita.id — 1. SCM Administration
* (Email Subject: SCM Administration)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggung jawab untuk :
* Mengelola korespondensi (masuk dan keluar)
* Mengelola manajemen arsip di fungsi SCM.
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum D3.
* Pengalaman bekerja di bidang administrasi minimal 1 (satu) tahun.
* Memiliki pemahaman menggunakan Microsoft Office.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik diperlukan untuk berinteraksi dengan berbagai pihak.
* Dapat menjaga kerahasiaan, dapat diandalkan dan cepat belajar.
2. Junior Analyst Reporting and Performance
* (Email Subject: Junior Analyst Reporting and Performance)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggung jawab untuk:
* Mengelola kebijakan standar kerja, prosedur kerja dan kepatuhan proses bisnis fungsi SCM (Supply Chain Management).
* Mengadakan pelatihan/training penggunaan system MY SAP, SMART GEP, UCAN dan sosialisasi Pedoman, STK kepada internal perusahaan (Customer Day).
* Memonitor database manajemen arsip untuk memenuhi aspek compliance dan governance.
* Menyusun laporan mingguan, bulanan dan tahunan dari kegiatan SCM yang melingkupi monitoring dan KPI SCM.
Kualifikasi:
* Pengalaman di bidang Supply Chain Management minimal 1 (satu) tahun.
* Memiliki pemahaman mengenai Standarisasi STK.
* Memiliki pemahaman tentang system Pengadaan seperti: MY SAP, SMART GEP, dan UCAN.
* Memiliki pemahaman menggunakan Microsoft Office.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik diperlukan untuk berinteraksi dengan berbagai pihak.
* Memiliki kemampuan berbahasa asing (minimum: Bahasa.Inggris).
* Dapat menjaga kerahasiaan, dapat diandalkan dan cepat belajar.
3. Junior Analyst Procurement
* (Email Subject: Junior Analyst Procurement)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggung jawab untuk:
* Sebagai buyer untuk aplikasi Pasar Digital (PADI) UMKM untuk pengadaan dengan nilai dibawah Rp. 100 juta.
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S1.
* Pengalaman di bidang Supply Chain Management (SCM) minimal 1 tahun, diutamakan di bidang Procurement
* Memiliki pemahaman konsep dasar Pengadaan Barang/Jasa.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
4. Junior Analyst Overseas Procurement
* (Email Subject: Junior Analyst Overseas Procurement)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggung jawab untuk:
* Bertanggungjawab untuk membantu proses pengadaan barang/jasa sampai penerbitan Purchase Order (PO) untuk barang atau Work Order (WO) untuk jasa.
* Melakukan penjadwalan rapat-rapat perencanaan pengadaan, pengadaan, proses penyelesaian kontrak dan proses klaim sesuai arahan.
* Menyusun draf undangan pengadaan tender, dokumen pengadaan, berita acara, notulen rapat, kontrak dan lainnya yang terkait.
* Administrasi dokumen proses pengadaan, kontrak dan jaminan pelaksanaan.
* Menyusun draf laporan bulanan proses pengadaan.
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S1.
* Pengalaman di bidang Supply Chain Management (SCM) minimal 1 tahun, diutamakan di bidang Procurement
* Memiliki pemahaman konsep dasar Pengadaan Barang/Jasa.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
5. Junior Analyst Strategic Procurement
* (Email Subject: Junior Analyst Strategic Procurement)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggung jawab untuk:
* Membantu Senior Analyst dalam pengelolaan dan monitoring progress Procurement List setiap bulan dan membuat analisa berdasarkan progress realisasi Procurement List.
* Membantu Senior Analyst dalam menyusun kebutuhan barang dan jasa rutin bersama dengan user terkait.
* Mengumpulkan data kontrak aktif dan progress realisasi spending kontrak aktif.
* Melakukan analisa realisasi anggaran SCM setiap bulan bersama Senior Analyst.
* Membantu dalam administrasi untuk penyusunan Procurement List dan realisasi Procurement List terhadap strategi tender.
* Melakukan perbandingan kontrak sejenis dengan anak Perusahaan lainnya dalam lingkungan Subholding Upstream.
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S1 dan diutamakan jurusan Teknik, Manajemen, Hukum atau Ekonomi.
* Pengalaman kerja di industri Perminyakan minimal 1 tahun, diutamakan di bidang Analyst Procurement atau SCM Staff Procurement.
* Memiliki pemahaman yang baik terhadap proses Procurement dan Strategic Planning di industri migas.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
6. Junior Analyst General Services
* (Email Subject: Junior Analyst General Services)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S1 dengan pengalaman di bidang Logistik dan General Service minimal 5 tahun, diutamakan di operasional; atau S2 dengan pengalaman di bidang Logistik dan General Service minimal 3 tahun.
* Berpengalaman bekerja di industri migas minimal 2 tahun.
* Memiliki pemahaman yang baik terhadap proses Logistik dan General Service di industri migas.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
* Memiliki ketrampilan dalam berkoordinasi dengan stakeholder internal maupun eksternal.
* Melakukan kontrol dan pemantauan operasional layanan logistik dan general services, termasuk invoice handling
* Melakukan penjadwalan rapat-rapat koordinasi dengan stakeholder internal (fungsi lain) dan eksternal.
* Menyusun laporan mingguan / bulanan aktifitas logistik dan general services dalam Service Level Agreement (SLA) serta cost saving.
* Melakukan proses Pengadaan barang/jasa maupun Amandemen kontrak sesuai aturan yang berlaku.
* Melaksanakan kebijakan dan pengelolaan aspek HSSE, termasuk CSMS, SIKA, PEKA, CLSR, dan HSSE participation/objective.
7. Contract Engineer (Pre-Tender)
* (Email Subject: Contract Engineer (Pre-Tender))
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggung jawab untuk:
* Menyusun strategi pengadaan dan dokumen permintaan pengadaan/Amandemen.
* Administrasi sesuai manajemen arsip untuk dokumen permintaan pengadaan dan contract management.
* Melakukan penjadwalan rapat-rapat perencanaan tender, kick-off meeting dan post- contract management.
* Menyusun laporan bulanan proses pengadaan dalam Service Level Agreement (SLA) serta cost saving.
* Melakukan proses Amandemen dengan seluruh fungsi terkait sesuai aturan yang berlaku.
Kualifikasi:
* Memahami proses pengadaan di industry minyak dan gas, pertambangan lainnya atau pemerintah.
* Mempunyai pengalaman dalam penyusunan scope of work (SOW) dan owner’s estimate (OE)
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
* Memiliki ketrampilan dalam berkoordinasi dengan stakeholder internal maupun eksternal
8. Overseas SCM Specialist
* (Email Subject: Overseas SCM Specialist)
* Lokasi Penempatan: Project Base (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Deskripsi Pekerjaan:
Mengelola dan memonitor seluruh kebutuhan strategis, taktis dan operasional terkait kegiatan SCM Business Partner antara lain seperti:
* Menganalisis dan merekomendasikan strategi pengadaan barang dan jasa
* Mendukung penyusunan dan analisa Service Level Agreement (SLA) pengadaan dan parameter logistics AP PIEP
* Membuat analisa permintaan, penyusunan dan finalisasi barang dan jasa serta daftar perkiraan pengadaan AP (Procurement List AP) dengan mengutamakan perencanaan kebutuhan barang & jasa melalui kontrak sinergi Pertamina
* Melakukan analisa serta dapat melakukan pembaharuan informasi ketersediaan supplier, vendor dan kontraktor (Penyedia Barang/Jasa)
* Melakukan analisa pola supply, menilai kinerja supply chain dan management asset termasuk market intelligent, serta menyusun rencana perbaikan kinerja
* Melakukan koordinasi inter dan antar fungsi dalam pembuatan STK terkait dengan kegiatan di dalam Business Partner
Kualifikasi:
* Pendidikan S-1 dengan minimal pengalaman 5 tahun atau S-2 dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun di SCM Industri Migas
* Kemampuan berkomunikasi (lisan & tulisan) dalam Bahasa Inggris secara aktif
* Persyaratan Khusus: Procurement Process in Oil & Gas Industry (PTK 007 atau International Procurement Process).
9. Contract Analyst
* (Email Subject: Contract Analyst)
* Lokasi Penempatan: Project Base (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Deskripsi Pekerjaan:
* Bertanggungjawab dalam pengelolaan proses pengadaan, sejak strategi pengadaan sampai pengadaan pembuatan PO/Kontrak dan proses Amandemen Kontrak sesuai dengan aturan aturan yang berlaku, termasuk hal berikut:
* Menyusun undangan pengadaan tender, dokumen tender, berita acara tender, notulen rapat, kontrak dan lainnya yang terkait.
* Administrasi sesuai manajemen arsip untuk dokumen proses tender, kontrak dan jaminan pelaksanaan.
* Melakukan penjadwalan rapat-rapat perencanaan dan proses tender sampai proses penyelesaian serta persetujuan kontrak.
* Menyusun laporan bulanan proses pengadaan dalam Service Level Agreement (SLA) serta cost saving.
* Melakukan proses Amandemen dengan seluruh fungsi terkait sesuai aturan yang berlaku.
Kualifikasi:
* Pengalaman di bidang Procurement/Contract minimal 3 tahun.
* Berpengalaman bekerja di industri migas minimal 2 tahun.
* Memiliki pemahaman yang baik terhadap proses Procurement dan contract management di industri migas.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
* Memiliki ketrampilan dalam negosiasi.
10. SCM System & Assurance
* (Email Subject: SCM System & Assurance)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggungjawab:
* Mengevaluasi kebutuhan pelatihan/training penggunaan system MY SAP, SMART GEP, UCAN.
* Mengevaluasi, memonitor dan mengelola system ERP (Enterprise Resource Planning) dan non ERP terkait proses pengadaan dan manajemen kontrak yang mendukung kegiatan SCM.
* Monitoring proses tender dan non tender termasuk reporting yang dilakukan baik melalui aplikasi Digital Procurement maupun manual.
* Merencanakan dan memonitor pengelolaan Risk Management, termasuk evaluasi dan realisasi mitigasi resiko Pengadaan.
* Merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi pengelolaan aspek compliance Pengadaan, termasuk Good Corporate Governance dan audit.
* Jika diperlukan oleh Perusahaan, mampu melakukan proses tender sebagaimana yang ditugaskan.
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S1.
* Minimum 5 tahun pengalaman sejenis untuk S1, atau 3 tahun untuk S2.
* Paham dengan baik tentang proses dan regulasi Pengadaan Barang/Jasa.
* Paham dalam mengembangkan dan menyusun Standarisasi STK.
* Memiliki pengalaman dalam mengembangkan system ERP seperti; MY SAP, SMART GEP, dan UCAN.
* Paham dalam mengoperasikan Microsoft Office.
* Mampu berbahasa Asing.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik diperlukan untuk berinteraksi dengan berbagai pihak.
* Dapat menjaga kerahasiaan, dapat diandalkan dan cepat belajar.
11. Logistics & General Service Operations
* (Email Subject: Logistics & General Service Operations)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Deskripsi Pekerjaan:
Bertanggungjawab dalam operasional layanan logistik dan fasilitas perkantoran, termasuk hal berikut :
* Melakukan kontrol dan pemantauan operasional layanan logistik dan general services, termasuk invoice handling
* Melakukan penjadwalan rapat-rapat koordinasi dengan stakeholder internal (fungsi lain) dan eksternal.
* Menyusun laporan mingguan / bulanan aktifitas logistik dan general services dalam Service Level Agreement (SLA) serta cost saving.
* Melakukan proses Pengadaan barang/jasa maupun Amandemen kontrak sesuai aturan yang berlaku.
* Melaksanakan kebijakan dan pengelolaan aspek HSSE, termasuk CSMS, SIKA, PEKA
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S1 dengan pengalaman di bidang Logistik dan General Service minimal 5 tahun, diutamakan di operasional; atau S2 dengan pengalaman di bidang Logistik dan General Service minimal 3 tahun.
* Berpengalaman bekerja di industri migas minimal 2 tahun.
* Memiliki pemahaman yang baik terhadap proses Logistik dan General Service di industri migas.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
* Memiliki ketrampilan dalam berkoordinasi dengan stakeholder internal maupun eksternal.
12. Travel Management Analyst
* (Email Subject: Travel Management Analyst)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Deskripsi Pekerjaan:
* Bertanggungjawab dalam operasional layanan travel management dan MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition), termasuk hal berikut :
* Melakukan pengembangan dan penerapan kebijakan tentang layanan travel management dan MICE.
* Melakukan pengelolaan dan pemantauan operasional layanan travel management dan MICE.
* Menyiapkan dan mengatur anggaran perjalanan bulanan dan tahunan
* Melakukan proses pengadaan barang/jasa maupun Amandemen kontrak sesuai aturan yang berlaku.
* Menjalin kerjasama dan hubungan yang baik dengan travel agent, Event organizer dan stakeholder terkait.
* Mempersiapkan panduan mengenai MICE dan travel management kepada semua stakeholder terkait.
* Melakukan penjadwalan rapat-rapat koordinasi dengan stakeholder internal (fungsi lain) dan eksternal.
* Menyusun laporan mingguan / bulanan aktifitas travel management dan MICE dalam Service Level Agreement (SLA) yang ditetapkan.
* Melakukan cost saving yang optimal dalam menjalankan operasional layanan travel management dan MICE.
* Melaksanakan kebijakan dan pengelolaan aspek HSSE, termasuk CSMS, SIKA, PEKA, CLSR, dan HSSE participation/objective.
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S1 dengan pengalaman di bidang travel management,,kepariwisataan, Event Organizer minimal 5 tahun, diutamakan di operasional; atau S2 dengan pengalaman di bidang travel management,,kepariwisataan, Event Orgenizer minimal 3 tahun.
* Berpengalaman bekerja di industri migas atau pariwisata minimal 2 tahun.
* Memiliki pemahaman yang baik terhadap proses travel management dan MICE di industri migas.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
* Memiliki ketrampilan dalam berkoordinasi dengan stakeholder internal maupun eksternal.
13. Strategic Procurement Analyst
* (Email Subject: Strategic Procurement Analyst)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggungjawab untuk:
* Pengelolaan dan monitoring progress procurement list setiap bulan dan membuat analisa berdasarkan progress realisasi procument list.
* Menyusun kebutuhan barang dan jasa rutin bersama dengan user terkait, untuk menentukan kebutuhan barang dan jasa rutin.
* Melakukan pengelompokan kebutuhan barang dan jasa rutin masing-masing user, sebagai dasar penentuan strategi pemenuhan kebutuhan barang dan jasa.
* Mengelola data kontrak aktif dan progress realisasi spending kontrak aktif untuk bisa dilakukan analisa awal kebutuhan kontrak barang dan jasa.
* Membuat kontrak portofolio untuk masing-masing fungsi dan melakukan analisa tiap bulan.
* Melakukan analisa realisasi anggaran SCM setiap bulan.
* Administrasi penyusunan procurement list dan realisasi procurement list terhadap strategi tender, untuk mendukung kegiatan pengadaan melalui tahap perencanaan yang efektif dan efisien.
* Melakukan perbandingan kontrak sejenis dengan anak Perusahaan lainnya dalam lingkungan SHU.
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S1. Diutumakan jurusan Teknik, Management, Hukum dan Ekonomi
* Pengalaman kerja di industri Perminyakan minimal 7 tahun, diutamakan di bidang Analyst Procurement atau SCM Staff Procurement.
* Memiliki pemahaman yang baik terhadap proses Procurement dan Strategic Planning di industri migas.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
14. Supplier Management & Local Content Analyst
* (Email Subject: Supplier Management & Local Content Analyst)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggungjawab untuk:
* Menyiapkan Daftar Penyedia Mampu setiap bulan dan menyimpan dalam folder yang bisa di akses oleh semua pihak.
* Membantu Asst. Manager dalam menyusun external customer survey, dan mengadakan vendor day minimal sekali dalam setahun
* Melakukan sosialisasi dalam hal-hal terkait dengan supplier management system.
* Membantu proses pendaftaran vendor baru.
* Menyiapkan form permintaan verifikasi TKDN untuk vendor-vendor yang akan selesai kontraknya kepada Kontraktor .
* Mengkoordinir penilaian kinerja penyedia barang/jasa setiap paket tender, sebagai laporan kinerja kepada penyedia barang dan jasa berjalan dan akhir.
* gMenyiapkan laporan bulanan terkait TKDN, Sanksi dan Supplier Performance.
* Membantu review status vendor untuk kebutuhan pengadaan.
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S-1 diutamakan jurusan Teknik, Managemen, Hukum, dan Ekonomi
* Pengalaman kerja di industri Perminyakan minimal 7 tahun, diutamakan di bidang Analyst Procurement atau SCM Staff Procurement.
* Memiliki pemahaman yang baik terhadap Supplier Management dan Strategic Planning di industri migas.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris.
15. SCM Standarization Analyst
* (Email Subject: SCM Standarization Analyst)
* Lokasi Penempatan: Project Based (Jakarta)
* Hiring Category: Kontrak Proyek
Bertanggungjawab untuk:
* Memonitor dan mengelola kebijakan standar kerja, prosedur kerja dan kepatuhan proses bisnis fungsi SCM (Supply Chain Management).
* Mengevaluasi dan menyusun standarisasi STK.
* Memetakan kebutuhan sosialisasi STK kepada internal perusahaan (Customer Day).
* Memonitor pelaksanaan pekerjaan kontrak jasa tenaga kerja dan kontrak pengelolaan arsip.
* Memonitor dan mengelola system ERP (Enterprise Resource Planning) dan non ERP terkait proses pengadaan dan manajemen kontrak yang mendukung kegiatan SCM.
* Mengelola & monitor manajemen arsip untuk memenuhi aspek compliance dan governance.
* Melakukan penyusunan RKS (Rencana Kerja dan Syarat), Draft Kontrak serta Terms & Conditions kontrak Procurement Support.
* Melakukan penyusunan serta optimalisasi anggaran terkait kebutuhan kontrak di Procurement Support & penyelesaian invoice.
Kualifikasi:
* Pendidikan minimum S1 atau S2
* Minimum 7 tahun pengalaman sejenis untuk S1, atau 5 tahun untuk S2.
* Memiliki pemahaman yang baik tentang proses dan regulasi Pengadaan Barang/Jasa.
* Memiliki pemahaman dalam pengembangan system ERP seperti; MY SAP, SMART GEP, dan UCAN.
* Memiliki pengalaman mengembangkan dan menyusun Standarisasi, STK.
* Ahli dalam mengoperasikan Microsoft Office.
* Mampu berbahasa Asing.
* Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik diperlukan untuk berinteraksi dengan berbagai pihak.
* Dapat menjaga kerahasiaan, dapat diandalkan dan cepat belajar.
Calon kandidat yang berminat, silahkan mengirimkan CV ke:
[email protected] dengan format email: Email Subject_Nama Anda
Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan diproses ke tahap selanjutnya.