India-Pakistan Tuntut Inggris untuk Kembalikan Berlian Kohinoor 109 Karat

Jakarta, KabarBerita.id — Sejumlah negara di dunia meminta negara Inggris untuk mengembalikan berlian yang diklaim merupakan milik mereka setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Dikutip Britannica, Salah satu berlian yang menjadi perebutan adalah berlian Kohinoor atau yang dikenal dengan sebutan gunung cahaya sebesar 109 karat.

Berlian ini memiliki tingkat kemurnian 109 karang dan dipercaya merupakan berlian termahal di dunia dengan harga setara 6 Triliun Rupiah.

Selama bertahun-tahun berlian ini digunakan oleh sejumlah generasi ratu Inggris. Akan tetapi berlian ini menuai konflik mengingat sejumlah negara mengklaim kepemilikan atas harta tersebut.

Berikut negara yang mengklaim kepemilikan atas berlian Kohinoor:

1. India
India menjadi salah satu negara yang mengklaim kepemilikan berlian Kohinoor. Tidak hanya itu organisasi sosial budaya di India mengklaim berlian ini merupakan milik tuan Jagannath. Mereka kemudian mendesak perdana menteri India Narendra Modi untuk Menindak lanjuti pengambilan berlian tersebut.

2. Afganistan
Taliban sempat mendesak pengambilan penelitian tersebut kak Penistan pada tahun 2000.
Juru bicara kementerian Luar Negeri Taliban, Faiz Ahmad Faiz Mengklaim bahwa Terdiam tersebut merupakan properti resmi Afganistan.
Faiz juga menuturkan banyak barang lain yang dicuri dari Afghanistan ketika masa kolonial.

3. Pakistan
Pada tahun 2016 seorang pengacara Pakistan mengajukan petisi yang mengklaim kepemilikan negaranya atas pria tersebut.
Sebagaimana dilansir Firstpost, ia mengklaim Pakistan merupakan pemilik sah dari pilihan tersebut dan menuduh Inggris mencuri berlian tersebut.

Tinggalkan Balasan