Tual, KabarBerita.id — Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat terus mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan layanan sistem penyediaan air minum.
Hal ini telah disampaikan oleh direktur perusahaan daerah air minum maren kota Tual Maria Oktaviana farfar melalui pesan yang diterima media di Tual.
Menurut Oktavia kementerian PU PR melalui Direktorat air minum Direktorat jenderal cipta karya telah menerbitkan buku kinerja BUMD Air minum 2021 pada 14 Februari 2022 yang lalu, Yang dapat menjadi referensi guna mengukur tingkat kinerja Menejemen efisiensi dan efektivitas pengelolaan layanan air minum badan Usaha milik daerah.
Maka dari itu, selaku penyelenggara air minum di bawah pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memenuhi kualitas dan kuantitas dalam pelayanan air minum untuk masyarakat sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku dalam rangka mencapai target rencana pembangunan Jangka menengah nasional tahun 2020 sampai 2024 yakni 100% BUMD air minum sehat.
Penilaian kinerja BUMD Air minum dilakukan dengan metode Balance Scored Card dengan menerapkan prinsip skor berimbang yang mempertimbangkan karakteristik masing masing BUMD air minum.
Akan tetapi terdapat 13 BUMD air minum yang tidak dapat di evaluasi karena sudah tidak beroperasi atau tidak aktif.
Ditambah dalam kurun waktu tiga tahun terakhir Perumdam maren terus berupaya memperbaiki kinerja dan mutu pelayanan dengan kinerja sehat diharapkan dapat mampu menjaga kinerja sehat berkelanjutan.
Capaian ini tidak lepas dari peran serta seluruh elemen perusahaan baik KPM yang terhormat bapak walikota tual atas kepercayaan yang diberikan dan dewan pengawas hasil dukungan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah pusat dan anggota DPRD kota Tual.