Berita  

Amankah Mengonsumsi Kopi 25 Gelas Sehari?

Ilustrasi (Secangkir Kopi)

Jakarta, KabarBerita.id — Meminum kopi hingga 25 cangkir per hari masih dianggap aman untuk tubuh. Hal itu berdasarkan penelitian yang disajikan dalam konferensi British Cardiovascular Society awal Juni ini, kendati hasilnya belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review.

Simpulan itu didasarkan pada analisis dari sekitar 8.500 orang di Inggris. Sejumlah peneliti mengamati orang-orang dengan tingkat konsumsi tertinggi, yakni rata-rata meminum lima cangkir kopi sehari. Selain itu, beberapa di antaranya meminum hingga 25 cangkir kopi sehari.

Hasil penelitian itu menunjukan, para peminum kopi itu tidak punya risiko tinggi kekakuan arteri. Saluran arteri yang kaku dapat membuat jantung tegang sehingga memicu serangan stroke dan jantung.

Namun, apakah laporan itu valid secara kesehatan?

Orang dewasa disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein atau kira-kira empat cangkir kopi per hari. Salah satu yang menyarankan itu adalah Mayo Clinic. Hal ini dengan catatan, dosis tersebut bagi mereka yang mengalami efek samping, seperti gelisah, sakit kepala, masalah perut dan gangguan mood.

Sementara itu, Alice Lichtenstein, seorang profesor dari Tufts Friedman School of Nutrition Science and Policy mengatakan, data tentang konsumsi kopi yang presisi sangat langka. Memang, tidak semua orang sama dalam merespons dan memetabolisme kafein.

Tinggalkan Balasan