Berita  

Kegaduhan Beras Premium Bisa Ganggu Investasi

Jakarta, KabarBerita.id — Asosiasi Pengusaha Indonesia menyatakan kekisruhan kasus penyegelan beras milik PT IBU berpotensi memengaruhi investasi ke depannya bila tidak segera dituntaskan dengan tepat.

“Kegaduhan ini yang kita paling takut karena akan merembet kepada kepastian berusaha,” kata Ketua Apindo Anton J Supit dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/7).

Menurut Anton, ketakutan tersebut bila tidak diatasi maka tidak hanya akan berdampak kepada pengusaha lokal tetapi juga pihak luar negeri yang mau berinvestasi.

Padahal, ujar dia, saat ini hal yang paling dibutuhkan oleh bangsa adalah adanya lapangan kerja dalam rangka mengatasi pengangguran dan kemiskinan.

“Kalau mau menciptakan lapangan kerja maka investasi harus masuk. Kalau ada kebijakan yang mengakibatkan ketakutan maka bisa menimbulkan pengangguran,” ucapnya.

Ia berpendapat bahwa kasus penyegelan beras yang menjadi ramai di masyarakat juga karena adanya instansi yang tidak paham fungsi dan tupoksinya masing-masing.

Di tempat terpisah, setelah mengadakan pertemuan tertutup sekitar dua jam dengan pengusaha beras, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan ditariknya Permendag 47/2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen itu, agar tidak ada kekhawatiran bagi pedagang beras dalam kegiatan usahanya hingga mengakibatkan penurunan stok di Pasar Induk Beras Cipinang.

Tinggalkan Balasan