Berita  

Spurs Hajar Stoke City 5-1

LONDON, Kabarberita.id– Tottenham Hotspur tancap gas di babak kedua saat menjamu Stoke City. Empat gol dicetak di periode itu untuk menang 5-1, dengan Harry Kane bikin dua gol.

Menjamu Stoke di Wembley, Sabtu (9/12/2017) malam WIB pada laga pekan ke-16 Premier League, Spurs dalam laju negatif usai tanpa kemenangan di empat laga terakhir. Mereka dua kali berimbang dan menelan empat kekalahan.

Spurs langsung menekan dengan agresif selepas kick-off. Tapi beberapa serangan yang dibangun terputus karena kesalahan kontrol atau umpan yang kurang akurat.

Percobaan pertama dicatatkan Spurs di menit ke-12. Son Heung-min melakukan tusukan dari sisi kiri dan bergerak memotong ke tengah, sebelum akhirnya melepas sepakan. Tapi tendangannya masih terlampau lemah sehingga mudah diamankan Jack Butland.

Di menit ke-21, gol tercipta. Spurs memetik keunggulan lewat gol bunuh diri Ryan Shawcross. Umpan silang Son ke depan gawang mengenai kaki Shawcross, yang tengah berupaya memblok Dele Alli dari menyambut bola. Bola berbelok masuk ke gawang dan Spurs unggul.

Empat menit berselang, Spurs punya kans bagus dari serangan balik. Mendapatkan bola dari situasi sepak pojok Stoke, Son menggiring bola sampai kotak penalti Stoke. Pemain asal Korea Selatan itu memutuskan melepaskan sepakan meski ada sejumlah rekannya di posisi lain. Tendangannya bisa ditepis Butland.

Peluang lain untuk Spurs di menit ke-27, kali ini dari situasi tendangan bebas. Christian Eriksen mengarahkan tendangan langsung ke sisi kiri gawang, memaksa Butland menepis bola sambil menjatuhkan diri.

Tekanan dari Spurs terus diterima Stoke. Pada menit ke-32, Mousa Dembele merangsek dari tengah dan melepaskan sepakan mendatar nan keras. Butland sigap menghalau.

Umpan terobosan dari Son diterima Harry Kane dalam posisi lolos dari jebakan offside dan leluasa menghadapi kiper di menit ke-36. Namun sepakannya melebar tipis saja ke sebelah kiri gawang.

Son mencoba melepaskan tendangan voli dari sisi kiri kotak penalti pada menit ke-41. Namun upayanya berakhir melambung jauh di atas gawang. Sampai babak pertama selesai, tak ada lagi gol yang tercipta.

Semenit babak kedua berjalan, Spurs mendapatkan peluang lewat Kane. Penyerang internasional Inggris itu mendapatkan bola liar yang bermula dari situasi korner. Namun sepakannya melambung.

Stoke merespons pada menit ke-50. Umpan Xherdan Shaqiri dari tendangan bebas diterima Shawcross dan diteruskan dengan sepakan kaki kiri. Namun tembakannya tepat mengarah ke Hugo Lloris.

Spurs memperbesar keunggulan di menit ke-53. Dalam sebuah serangan cepat, Alli mengirim umpan terobosan ke Son yang berlari diagonal dari sisi kiri. Son menghadapi kiper dan dengan dingin menaklukkannya lewat tembakan mendatar.

Hanya semenit berselang, Spurs kembali mencetak gol. Umpan silang Ben Davies dari kiri disambar sundulan Kane yang memenangi duel.

Percobaan Kane di menit ke-60 cuma melebar. Tak lama kemudian, Spurs nyaris kebobolan. Serangan balik Stoke dituntaskan Shaqiri dengan sepakan mendatar, tapi Lloris masih mampu menepis bola.

Spurs menambah golnya di menit ke-65. Bermula dari sisi kanan, ketika Eriksen mengirim umpan silang yang lantas disontek Son ke arah Kane. Kane meneruskannya dengan sepakan kaki kiri yang bersarang di pojok kiri gawang.

Dari serangan balik di menit ke-74, Spurs membikin gol kelima. Umpan terobosan Son diterima Eriksen yang tinggal berhadapan dengan Butland. Sepakan kaki kirinya tak bisa dibendung dan berbuah gol.

Stoke mencetak gol balasan di menit ke-80. Umpan lambung Darren Fletcher gagal dipotong oleh Lloris dan ditanduk oleh Shawcross ke gawang kosong.

Peluang bagus untuk Kane mencetak hat-trick di menit ke-90 gagal termaksimalkan. Butland sigap membaca situasi saat Kane menerima umpan terobosan dan memblok tendangannya. Tak ada gol tambahan di sisa waktu.

Berkat kemenangan ini, Spurs sementara naik ke posisi lima menggusur Arsenal. Sama-sama mengoleksi nilai 28, The Lilywhites unggul selisih gol. Arsenal sendiri baru akan bermain melawan Southampton, Minggu (10/12/2017) malam. Sementara Stoke berada di posisi 15 dengan 16 poin.

Susunan pemain:

Spurs: Lloris; Trippier, Dier, Vertonghen, Davies; Winks (Sissoko 80′), Dembele; Eriksen, Alli (Lamela 67′), Son (Llorente 86′); Kane

Stoke: Butland, Edwards (Crouch 70′), Zouma, Shawcross (C), Wimmer, Pieters; Fletcher, Allen (Afellay 80′); Choupo-Moting, Shaqiri (Cameron 76′); Diouf 

Tinggalkan Balasan