5 Minuman Sehat Ini Bantu Kelola Mood

Jakarta, KabarBerita.id — Setiap orang mungkin memiliki caranya masing-masing untuk mengalihkan perasaan yang muram hingga tak bersemangat. Satu hal yang mungkin jarang disadari adalah minuman juga dapat membantu.

Setidaknya ada lima macam minuman yang dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati. Berikut ini adalah kelima jenis minuman tersebut, seperti dilansir Woman and Home, Rabu (13/1).

Air Putih

Selain dapat menghidrasi tubuh, air putih juga dapat membantu mempertajam kembali konentrasi. Upayakan untuk minum delapan gelas air putih per hari. Bila merasa bosan dengan rasa air putih, coba tambahkan potongan buah hingga rempah untuk membuat rasa air putih lebih menarik.

Salah satu resepnya adalah menambahkan satu sendok teh jahe parut, satu mentimun yang sudah dikupas dan diiris tipis, satu lemon sedang yang diiris tipis, sari dari dua buah jeruk nipis, dan setengah sendok teh bubuk cayenne pada dua liter air putih. Campuran ini cocok diminum setiap 1-2 hari sekali.

Kreasi Cokelat

Cokelat diketahui mengandung flavinol yang dapat meningkatkan serotonin. Serotonin merupakan hormon yang berkaitan dengan rasa bahagia. Jenis super-cacao dapat memiliki efek ini delapan kali lebih tinggi dibandingkan cokelat biasa.

Super-cacao bisa dikreasikan menjadi minuman yang segar, seperti smoothie. Untuk membuatnya, blender satu cangkir ceri segar atau beku, satu cangkir susu bebas dairy, satu pisang matang, seperempat cangkir kenari, dan dua sendok makan bubuk super-cacao. Tambahkan pula 1 sendok teh madu bila menginginkannya.

Teh Hijau

Teh hijau atau matcha memiliki kandungan antioksidan dan L-Theanine yang tinggi. L-Theanine memiliki efek yang menenangkan sekaligus membuat pikiran tetap tajam.

Selain penyajian biasa, matcha juga bisa diolah menjadi minuman mathca latte. Untuk membuatnya, campurkan satu sendok teh bubuk matcha dengan sedikit air hangat sampai membentuk tekstur paste. Setelah itu, panaskan satu cangkir sari almond dengan tambahan satu sendok teh sirup maple.

Setelah sari almond tersebut hangat, masukkan paste matcha yang sudah dibuat. Setelah tercampur rata, tuangkan minuman ini ke dalam gelas dan hias bagian atasnya dengan parutan pala.

Sup Akar Bit

Semangkuk sup akar bit (beetroot) dapat membuat tubuh terasa lebih bertenaga dan bersemangat. Minuman ini juga dapat membuat kegiatan olahraga tidak terasa begitu melelahkan.

Untuk membuat minuman ini, jus satu akar bit, wortel, dan apel. Setelah tercampur rata, tuangkan semuanya ke dalam panci. Masukkan satu siung bawang putih yang sudah diparut halus, satu sendok teh Barley Miso, satu sendok makan tamari, dan satu sendok teh minyak zaitun. Masak hingga campuran ini terasa hangat, tuangkan ke mangkuk, dan sup akar bit siap diminum.

Smoothie Kaldu

Kaldu mungkin tidak terdengar seperti minuman pada umumnya. Akan tetapi, kaldu mengandung banyak zat gizi dan bahkan bisa digunakan untuk membuat smoothie yang gurih.

Untuk membuat smoothie gurih dengan kaldu ini, cukup blender 120 ml kaldu tulang dengan suhu ruangan, satu mentimun yang sudah dikupas dan dipotong, 10 gram ketumbar potong, sari satu buah lemon, 15 gram daun bayam, dua batang seledri, dan sejumput garam. Blender hingga halus namun pastikan proses blender tidak terlalu lama sehingga tidak muncul buih pada smoothie kaldu. Tuangkan ke mangkuk dan smoothie kaldu siap dinikmati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here