5 Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Bangun Tidur

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Seseorang pasti punya rutinitas berbeda saat terjaga di pagi hari. Ada rutinitas yang baik dan bisa terus dilanjutkan, tetapi ada juga yang sebaiknya tidak lagi dilakukan demi kebaikan jasmani dan rohani.

Pasalnya, rutinitas itu menjadi landasan dari kepedulian seseorang terhadap tubuh dan pikirannya, juga berdampak pada level energi sepanjang hari. Berikut lima kebiasaan yang sebaiknya dihindari, seperti dikutip dari laman Huffington Post, Kamis (11/2).

1. Menunda bangun

Setengah warga Amerika Serikat mengaku menunda bangun dengan menekan tombol tunda pada alarm ponsel di pagi hari. Terdengar sepele, tapi secara ilmiah kebiasaan tersebut sangat mengganggu bagi tubuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Niket Sonpal mengatakan, bangun dan kembali tidur terasa nyaman tapi tidak bersifat restoratif. Itu justru mengganggu siklus tidur, tepatnya fase tidur REM yang biasanya terjadi menjelang pagi.

“Jika butuh waktu ekstra untuk tidur, lebih baik pasang alarm 15 menit dari waktu biasanya sehingga Anda akan bangun tanpa harus menunda lagi. Kalau bisa, pasang saja suara alarm yang terdengar mengganggu,” ucap Sonpal.

2. Terpaku pada ponsel

Kesalahan terbesar lain yang sering dilakukan banyak orang adalah terpaku pada ponsel. Begitu membuka mata, yang dijangkau adalah ponsel dan langsung mengecek pesan masuk, email, atau aplikasi favorit.

Naomi Parrella, dokter perawatan primer di Rush University Medical Group, mengatakan itu semua membuat pikiran seseorang terbajak sepanjang waktu. Dia menyarankan agar segera mengubah kebiasaan itu sebelum terlambat.

Sebagai gantinya, setelah bangun tidur segeralah berdoa dan mengucap syukur. Ambil napas dalam-dalam, lakukan peregangan tubuh sederhana. Sapa pasangan, anak, atau keluarga yang sudah terjaga, lalu minum segelas air dan mulai beraktivitas.

3. Sarapan penuh gula

Asosiasi Jantung Amerika mengungkap bahwa rata-rata warga Amerika Serikat menginsumsi 77 gram gula sehari. Jumlah itu tiga kali melebihi angka ideal yang sesungguhnya direkomendasikan untuk orang dewasa.

Salah satu pemicunya bisa jadi sarapan yang mengandung banyak gula. Kebiasaan ini kurang baik karena bisa membuat seseorang lekas lapar menjelang siag, belum lagi suasana hati yang mudah berubah dan sugar crash.

Gula tidak sepenuhnya buruk, tapi mengonsumsinya harus bijaksana. Beberapa sarapan yang penuh gula adalah sereal, sirup, breakfast bar, smoothie dengan gula, yogurt, juga teh atau kopi dengan tambahan gula.

4. Tidak cuci muka dengan benar

Dokter kulit dari Riverchase Dermatology, Stacy Chimento, menyoroti bahwa kesalahan yang buruk adalah tidak mencuci muka dengan benar di pagi hari. Padahal, ada kemungkinan kulit wajah terpapar sel kulit mati atau kotoran sejak malam.

Menurut Chimento, lebih baik langsung mencuci muka dengan sabun setiap pagi setelah bangun tidur. Tidak perlu menggunakan air dengan suhu ekstrem terlalu panas atau dingin, tetapi dengan tempetatur yang nyaman untuk kulit.

Ada juga pakar kulit yang berpendapat tidak perlu cuci muka jika semalam sudah melakukan. Manapun yang dipilih, selalu lakukan pembersihan menyeluruh. Ketika akan beraktivitas di pagi hari, jangan lupa memakai tabir surya.

5. Mengabaikan kesehatan mental

Jika seseorang tidak memulai pagi dengan benar, keseluruhan hari bisa menjadi sangat salah. Untuk mencegah itu terjadi, selalu luangkan beberapa menit di pagi hari untuk memperhatikan kesehatan mental.

Caranya bisa sangat sederhana, bisa dengan beribadah atau menikmati pagi. Buka tirai, jendela, atau pintu, hirup udara pagi, nikmati cahaya matahari, melakukan peregangan tubuh, atau menulis rasa syukur dalam jurnal.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan