5 Beda Eksim dan Biang Keringat, Bagaimana Gejala hingga Pengobatannya, Berikut Ulasannya

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Sama-sam muncul di kulit dan juga menimbulkan kulit gatal dan kemerahan, namun Eksim dan biang keringat memiliki perbedaan, lalu bagaimana membedakannya?

Sejumlah hal dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan eksim dan biang keringat. Mulai dari lama gejala muncul sampai waktu terjadinya.

Kita perlu mengenali perbedaan keduanya agar mendapatkan diagnosis yang tepat sehingga pengobatannya pun juga akan tepat dan optimal.

Berikut beda eksim dan biang keringat:

1. Pengertian

Eksim merupakan penyakit peradangan pada kulit dan dapat dikenali dengan munculnya ruam berukuran kecil hingga besar dan rasa gatal terus menerus.

Sedangkan biang keringat sendiri adalah keadaan kulit yang ditandai dengan ruam umumnya berukuran kecil atau bintik kemarahan pada kulit karena saluran keringat yang tersumbat.

2. Penyebab

Sejumlah faktor pemicu eksim adalah alergi, debu, makanan, polusi, hingga bulu hewan.

Sedangkan biang keringat dapat disebabkan karena keringat terjebak di bawah kulit dan biasanya terjadi saat cuaca panas dan lembap.

3. Lokasi muncul ruam

Eksim bisa muncul seluruh bagian permukaan tubuh, namun utamanya muncul di tangan, kaki, leher, dada, wajah, dan kepala.

Sedangkan biang keringat juga bisa muncul di seluruh permukaan kulit, namun utamanya muncul di area lipatan seperti leher, siku, lengan, dan juga wajah.

4. Lama muncul ruam

Waktu ruam pada eksim umumnya bisa terjadi selama tiga minggu, sedangkan ruam karena biang keringat bisa lebih cepat hilang dalam hitungan hari, umumnya 2-3 hari.

5. Pengobatan

Pada eksim, obat yang digunakan berdasarkan resep dokter dimana dokter biasanya meresepkan obat jenis kortikosteroid dan antihistamin.

Sedangkan biang keringat ringan lebih mudah diobati karena obatnya adalah obat luar yang mudah didapat di apotek tanpa resep dokter. Namun jika gatal tak kunjung hilang bisa periksa ke dokter.

Itulah lima perbedaan antara eksim dan biang keringat. Diagnosis lebih tepat dapat dilakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan