Berita  

340 Kilogram Rendang Dikirim ke Korban Gempa Sulbar

Padang, KabarBerita.id — Masyarakat Sumatera Barat mengirimkan 340 kilogram rendang untuk korban gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat. Pengiriman paket rendang ini lewat jalur udara dengan pesawat TNI AU Boeing A 7302 Intai Maritim dari Skadron Udara 5 Lanud Hasanuddin Makassar.

Panitia donasi rendang, Harti Ningsih mengatakan sedekah rendang ini berasal dari berbagai kelompok usaha di Kota Padang. Rendang tersebut sudah dikirimkan pada Rabu (27/1) dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). “Bantuan ini berupa empat ribu paket rendang dengan berat 340 kilogram. Itu dikumpulkan hanya dalam rentang waktu tiga hari,” kata Harti.

Beberapa kelompok UMKM yang ikut berdonasi seperti Ikaboga, Bulan Sabit Merah, Gebu Minang, UPI-Silungkang, Asese, hingga Siti Nurbaya Food. Harti berharap kiriman donasi rendang dari mereka ini cepat sampai supaya korban gempa di Sulbar segera dapat menikmatinya.

Danlanud Sutan Syahrir Kolonel PNB Fahlefie menyebut, pengiriman rendang ini adalah yang pertama dari Sumatera Barat. Dikirimnya rendang melalui pesawat Hercules dikarenakan pesawat tersebut tengah mengarah ke Padang. Kolonel PNB Fahlefie berjanji akan membawa bantuan rendang jika nanti donasi rendang yang terkumpul berjumlah satu ton. “Pimpinan TNI AU dan Pangkalan AU 1 sudah menyampaikan jika ada bantuan yang cukup besar agar dikoordinasikan untuk pengirimannya,” ujar Fahlefie.

Selain melalui udara menurut Fahlefie, sebanyak 100 kilogram rendang juga didistribusikan bagi korban gempa Mamuju melalui jalur darat. Rendang itu berasal dari BUMN yang ada di Sumbar.

Tinggalkan Balasan