300 Ribu Kendaraan Arah Balik Jakarta Pasca Lebaran

Jakarta, KabarBerita.id – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Pramono Yogo mengatakan arus balik Hari Raya idul adha terdapat 300 ribu kendaraan roda empat menuju arah balik ke Jakarta. Sampai saat ini keadaan masih ramai dan lancar, kebanyakan kendaraan roda empat berasal dari Jawa Tengah, Bandung, Merak dan Jagorawi menuju Jakarta.

“Sampai dengan pukul 18.40 WIB arus balik masih lancar. Diperkirakan ada sekitar 300 ribu kendaraan roda empat yang dari berbagai daerah balik ke arah Jakarta,” katanya.

Kemudian, ia melanjutkan mudik kemarin (1/8) memang padat tapi tidak terjadi kemacetan yang berarti. Sebab, ia sudah menyiapkan skenario contra flow dan one way jika dibutuhkan. Kemarin, kebanyakan warga Jakarta menuju ke arah Jawa Tengah, Bandung, Merak dan Jagorawi.

“Kendaraan roda empat ini keluar kota sejak hari Kamis, Jumat dan Sabtu kemaren. Saat ini kebanyakan pada balik ke Jakarta,” kata dia.

Sebelumnya diketahui, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik Hari Raya idul adha 2020 akan terjadi hari ini, Ahad (2/8). Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan yang menuju Jakarta sejak kemarin hingga hari ini, sebanyak 372.692 kendaraan atau naik 33,6 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Operation Management anda Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan angka tersebut merupakan angka kumulatif lalu lintas yang meninggalkan Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) utama yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

“Kami memprediksi dari seluruh gerbang tol tersebut, distribusi lalu lintas mayoritas dari arah Timur mencapai 56,3 persen. Sementara itu untuk dari arah Barat sebesar 21,7 persen dan dari arah Selatan sebesar 22,0 persen,” kata Pratomo dalam pernyataan tertulisnya, Ahad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here