Jakarta, KabarBerita.id — Stres di tempat kerja disebabkan karena berbagai alasan.
Studi menunjukkan bahwa satu dari lima pekerja mengalami stres.
Penyebab stres dintaranya dapat terjadi karena beban kerja yang tinggi, hingga rekan kerja yang tidak bisa diajak berkomunikasi.
Berikut 3 penyebab stres di tempat kerja dan juga cara mengatasinya:
1. Komunikasi yang buruk
Komunikasi buruk merupakan salah satu penyebab stres di tempat kerja.
Komunikasi yang buruk adalah salah satu penyebab stres yang paling banyak dialami di tempat kerja.
Kurangnya instruksi yang jelas sehingga pekerjaan tidak sesuai yang diharapankan. Hal ini dapat menyebabkan frustasi.
Gaya komunikasi yang berbeda juga dapat menyebabkan stres.
Untuk mengatasi hal ini m, cobalah untuk memberikan instruksi yang jelas dan terarah. Jangan pernah ragu untuk menanyakan tugas apabila ada yang tidak dimengerti.
2. Beban kerja yang tinggi
Beban kerja yang tinggi juga bisa menjadi sumber stres lainnya bagi para pekerja.
Apabila hal tersebut berkelanjutaan dapat menyebabkan kelelahan mental dan juga fisik.
Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mendelegasikan tugas kepada yang lain.
Berikan pula apresiasi kepada rekan kerja, atasan, maupun bawahan ketika selesai mengerjakan tugas.
Jangan lupa berikan penghargaan untuk diri sendiri seperti me time.
3. Lingkungan kerja yang buruk
Lingkungan kerja juga dapat mempengaruhi suasana hati. Ruang kerja yang tidak bisa membuat kita nyaman dapat memperburuk suasana hati dan juga menyebabkan stres.
Untuk mengatasi ini, coba bersihkan dan tata kembali meja kerja Anda.
Letakkan barang yang membuat hati senang untuk bekerja.
Demikian penyebab stres di tempat kerja yang paling umum dan cara mengatasinya.