3 Alasan Anwar Ibrahim PM Malaysia yang Disegani Warga Indonesia

Jakarta, KabarBerita.id — Warga Indonesia banyak yang segan dengan Anwar Ibrahim dan bersuka cita usai raja resmi melantik dirinya menjadi Perdana Menteri Malaysia pekan lalu.

Presiden Joko Widodo pun mengakui bahwa Anwar memang sangat dihormati oleh rakyat Indonesia. Pengakuan tersebut mencuat saat ia mengucapkan selamat kepada Anwar atas jabatan barunya.

“Selamat dari Indonesia untuk yang Mulia Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri Malaysia. Datuk Anwar adalah tokoh yang sudah lama dikenal luas dan dihormati oleh rakyat Indonesia,” kata Jokowi di Instagram.

Bentuk penghormatan warga RI juga terekspresikan melalui media sosial.

Beberapa netizen Indonesia juga membanjiri kolom komentar dengan ucapan selamat saat Anwar mengunggah foto dirinya tengah menandatangani dokumen usai dilantik Raja Malaysia.

Warga RI lain sampai ada yang mengalkulasasikan penantian Anwar dari dia menjadi wakil PM era Mahathir Mohamad pada 1994 hingga sekarang.

Berikut deret alasan Anwar Ibrahim disegani warga Indonesia

1. Sering Bercanda soal RI
Menurut pengamat hubungan internasional dari Universitas Sultan Zainal Abidin di Malaysia, Suyatno Ladiqi, menilai Anwar kerap bercanda soal Indonesia sehingga membuat masyarakat merasa dekat dengan dia.

Candaan Anwar itu terlontar dalam beberapa pidatonya. Salah satunya ketika ia membandingkan jumlah pendudukan dan luas negara Malaysia-Indonesia.

“Dalam pidatonya ia hanya mengurus 30 juta orang rakyat di Malaysia. Itu pun sudah membuat dia sakit kepala. Tak bisa membayangkan bagaimana kalau mengurus rakyat berjumlah 270 juta dan luas negara seperti Indonesia. Pasti sakit kepalanya nggak ketulungan,” ujar Suyatno.

2. Dekat dengan Politikus Indonesia
Anwar juga memiliki hubungan yang dekat dengan politikus di Indonesia baik yang aktif di pemerintahan maupun di luar.

Suyatno mengatakan Anwar adalah politisi yang banyak belajar dari seniornya di Indonesia, termasuk eks wakil presiden BJ Habibie.
Pengamat lain bahkan ada yang menyebut hubungan Habibie dan Anwar seperti kakak-adik.

Selain itu nama Anwar juga tak asing di Indonesia karena banyak politikus RI yang mendukung perjuangan panjang Anwar menyerukan reformasi di Malaysia.

3. Menghargai hubungan RI-Malaysia
Suyatno juga mengatakan banyak warga RI yang menghormati Anwar karena ia dianggap sangat menghargai hubungan Indonesia dan Malaysia.

Tinggalkan Balasan