208 Ekor Mati, 50.971 Ternak di Jatim Terpapar PMK

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — jumlah hewan ternak di Jawa timur yang terjangkit penyakit mulut dan Kuku (PMK) telah menembus angka 50971 ekor. Sebanyak 28 ekor mati dan 178 ekor dipotong paksa karena terpapar PMK.

Indyah Aryani selaku kepala dinas peternakan Jawa timur mengatakan, data per hari Jumat sebanyak 50971 hewan ternak terpapar PMK. Sementara ada 44718 ekor yang masih sakit dan dalam perawatan.

Jumlah tersebut tersebar di 31 kabupaten atau kota di Jawa timur. Terdapat empat daerah yang masuk kategori wabah antara lain Sidoarjo,Gresik, Lamongan dan Kabupaten Mojokerto.

Dari data tersebut daerah dengan kasus PMK tertinggi yaitu Lumajang sebanyak 5536, Malang 5400 kemudian disusul Probolinggo 5022 kasus.

Indyah mengatakan pihaknya terus berupaya melakukan pengobatan ke hewan ternak yang terpapar mulai dari memberi Analgesik hingga vitamin. Serta menunggu produksi vaksin PMK yang dilakukan oleh puusvetma Surabaya.

Ia menambahkan untuk mengatasi gejala klinis ia melakukan pengobatan secara sistematis. Selain itu ia juga melakukan vaksinasi yang didahulukan adalah sapi perah terlebih dahulu kemudian baru sapi potong.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan