Berita  

13 Makanan Berikut Ini ‘Dilarang’ Dimakan di Pagi Hari

Jakarta, KabarBerita.id — Tidak semua makanan ideal untuk sarapan. Menyantap makanan sehat dan bergizi saat sarapan bisa membuat tubuh berenergi hingga siang hari, tetapi memberi dampak sebaliknya jika menyantap makanan yang kurang tepat.

Berikut 13 makanan yang menurut para pakar diet sebaiknya tidak dipilih untuk santapan saat sarapan. Jika ingin tetap menikmatinya, lebih baik memilih di waktu makan lainnya, dikutip dari laman Eat This, Selasa (23/3).

1. Sereal manis
Ahli diet berlisensi Kelli McGrane tidak menyarankan sereal manis untuk sarapan. Konsultan nutrisi “Lose It!” tersebut menjelaskan bahwa mayoritas sereal manis dibuat dari refined flour yang rendah serat, membuat perut cepat lapar kembali.

2. Sosis
Tidak sedikit orang yang menyantap sosis dan telur untuk sarapan, tapi ini ternyata kurang dianjurkan pakar diet. Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Roxana Ehsani, mengatakan sosis kaya natrium sehingga meningkatkan tekanan darah.

3. Roti gandum
Ahli nutrisi Dawn Jackson Blatner mewanti-wanti agar tidak terkecoh dengan label roti gandum di sejumlah produk. Penulis buku The Superfood Swap itu meminta memperhatikan betul bahan-bahan yang dipakai dan memilih roti gandum utuh yang sebenarnya.

4. Kopi dengan tambahan rasa
Secangkir kopi hitam adalah pilihan baik untuk sarapan, namun tidak demikian dengan kopi dengan berbagai varian rasa. Pakar nutrisi dari Once Upon a Pumpkin, Maggie Michalczyk, mengatakan kopi dengan tambahan rasa memuat banyak kalori dan gula.

5. Jus jeruk
Amy Shapiro, pendiri Real Nutrition, tidak menganjurkan jus jeruk di pagi hari. Jika butuh asupan vitamin C, Shapiro merekomendasikan langsung menyantap beberapa butir jeruk, daripada mengolah buah jadi jus yang menghilangkan seratnya.

6. Muffin
Muffin dijuluki cupcake tanpa frosting. Bahkan, tidak menutup kemungkinan muffin yang dijual di berbagai gerai roti memuat kalori berlebih, lemak jenuh, dan kandungan gula yang lebih tinggi dari cupcake.

7. Menu toko roti
Pilihan terbaik untuk sarapan adalah membuatnya sendiri, bukan membeli di toko roti. Meski menu yang dibeli adalah roti tawar, bahan pembuatnya belum bisa dipastikan, apakah benar-benar sehat atau menggunakan tepung yang kurang sehat.

8. Latte
Membeli latte di kedai kopi untuk menemani santapan sarapan kurang dianjurkan. Tidak sedikit gerai kopi yang membuat latte dengan susu dari bahan dasar tanaman yang rendah protein dan memuat gula tambahan dalam jumlah berlebihan.

9. Sereal kering
Sereal kering kurang menghilangkan lapar karena tinggi karbohidrat dan rendah serat. Jenis makanan ini lekas dicerna dan dengan cepat akan menurunkan kadar gula darah, sehingga energi berkurang dan membuat mengidam yang manis-manis.

10. Smoothies kemasan
Smoothies memang sehat untuk mengawali hari, tapi pastikan membuatnya sendiri. Meminum smoothies kemasan tidak dianjurkan karena sebagian produk tidak sepenuhnya dibuat dengan buah-buahan atau sayuran segar.

11. Bagel
Meski rasanya lezat, bagel sarat karbohidrat sederhana yang hanya memberikan rasa kenyang sejenak. Jika bersikeras makan ini di pagi hari, bisa jadi seseorang cepat lapar meski masih jauh dari jam makan siang.

12. Yogurt bebas lemak
Yogurt polos menjadi opsi baik untuk pendamping sarapan, tetapi tidak demikian dengan yogurt yang memiliki label bebas lemak. Pasalnya, kadar lemak itu biasanya diganti dengan gula, yang kadarnya bisa setara dengan gula dalam es krim.

13. Yogurt berbahan tanaman
Sebagian besar yogurt yang berbahan dasar tumbuhan cenderung rendah protein dan mengandung lebih banyak pemanis. Sebaiknya yogurt jenis ini tidak disantap di pagi hari agar tidak mengalami kelebihan gula hingga waktu makan siang datang.

Tinggalkan Balasan