Berita  

Tugas Berat Menanti Hierro, Pelatih Dadakan Spanyol

Madrid, KabarBerita.id — Pada Selasa siang, kecemasan terbesar Spanyol menjelang pertandingan pembukaan Piala Dunia mereka melawan Portugal pada Jumat adalah siapa yang akan mengarsiteki timnasnya.

Kemudian, kurang dari 24 jam kemudian, pelatih Julen Lopetegui dipecat oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan Fernando Hierro, mantan pemain Real Madrid, ditunjuk untuk menggantikannya dan harus membereskan masalah yang diwariskan terhadapnya.

Meski ini bukan tugas kepelatihan perdana untuk Herro, yang merupakan Direktur Olahraga RFEF, ini bukanlah tugas yang ia nanti-nantikan.

Laporan media lokal mengindikasikan bahwa mayoritas skuad menentang keputusan presiden RFEF Luis Rubiales untuk membebas tugaskan Lopetegui karena menyetujui untuk menjadi pelatih baru Real setelah Piala Dunia tanpa meminta izin sebelumnya.

Secara khusus, inti tim U-21 yang ia bantu masuk ke tim senior, termasuk David de Gea, Dani Carvajal, Isco, Thiago Alcantara, dan Koke disebut-sebut menjadi sosok-sosok paling vokal yang berkeinginan mempertahankan sang pelatih lama.

Pemain-pemain lain mengatakan tidak mudah untuk dapat memahami pola pikir sang pelatih baru Real.

Tugas pertama Hierro adalah menyatukan grup. Ini seperti saat-saat di mana timnas harus berenang atau akan tenggelam. Pelatih timnas Spanyol yang sukses membawa mereka menjuarai Piala Eropa 2008, Luis Aragones, meneken kontrak untuk melatih Fenerbahce pada malam semifinal turnamen itu dan hal itu sama sekali tidak mempengaruhi timnas.

Merupakan rekan sebaya bagi Lopetegui, Hierro merupakan mantan gelandang yang telah mengoleksi 601 penampilan untuk Real Madrid, menjadi kapten klub serta kapten negaranya.

Ia sempat bermain di Qatar dan Inggris sebelum pensiun, dan menggenggam sejumlah peran, termasuk Direktur Olahraga di Malaga dan RFEF, serta menjadi asisten Carlo Ancelotti di Real pada musim terakhirnya.

Tinggalkan Balasan