Berita  

Siti Zuhro Sebut Aher Layak Jadi Cawapres

Jakarta, KabarBerita.id — Diisukan menjadi calon wakil presiden 2019 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau yang intim disapa Aher menjawab soal persiapan.

“Persiapan ya belum. Belum ditunjuk kan? Masih proses. Tunggu saja sampai ditunjuk,” kata Aher usai mengikuti Dialog Nasional Kepemimpinan PKS di Daerah “20 Tahun PKS Melayani dengan Hati dan Prestasi” di Jakarta, Sabtu (12/5/2018).

Saat ditanya kembalu tentang persiapan ia menjawab menunggu saja keputusan. “Soal keputusan selesaikan dulu menjadi gubernur. Persiapan, persiapan (cawapres) biasa saja,” kata salah satu dari sembilan capres RI yang diusung oleh PKS ini.

“Sebagai gubernur saya kan terus menyapa masyarakat. Baik di Jawa Barat maupun di luar Jawa Barat. Insya Allah, persiapannya menyapa masyarakat,” tukasnya.

Saat ditanya soal peluang Aher sebagai cawapres, Peneliti LIPI Siti Zuhro menyebut peluangnya sangat besar. Siti menerangkan saat ini model kepemimpinan yang disukai adalah pemimpin yang sukses meniti kiprahnya dari bawah.

“Sekarang modelnya bottom up. Keberhasilan seorang bupati bisa jadi gubernur. Gubernur yang berhasil bisa naik kelas entah calon presiden maupun calon wakil presiden,” tutur Zuhro.

Siti lantas menyebut Aher memiliki modal integritas, kompetensi dan kapasitas serta kepemimpinan yang sudah memadai bukan hanya di level nasional tetapi juga regional.

“Aher sudah dikenal nasional maupun regional punya track record bagus, tidak menutup kemungkinan dia naik. Jika integritasnya baik, tidak cacat, tidak berkasus menurut saya oke, lulus,” sebutnya.

Jika dipasangkan dengan Prabowo, menurut Siti perlu dilakukan simulasi partai pengusung pasangan Prabowo-Aher. Keterpilihan seorang calon tidak sekadar faktor populer semata tetapi juga soal elektabilitas.

“Aher mengantongi elektabilitas di lumbung suara di Jawa Barat. Jabar bisa jadi acuan. Jadi Prabowo-Aher bisa dilakukan survei internal apakah siginifikan atau belum,” ungkap dia.

Tinggalkan Balasan