Berita  

Rusia Hajar Arab Saudi 5-0

MOSCOW, Kabarberita.id – Tuan rumah Rusia menggebuk Arab Saudi di laga perdana Grup A yang sekaligus membuka gelaran Piala Dunia 2018. Tuan rumah menang meyakinkan dengan skor 5-0.

Laga perdana Piala Dunia 2018 antara Rusia vs Arab Saudi dari Grup A digelar di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis (14/6/2018), Di laga itu, Rusia tampil apik sejak awal.

Rusia selaku tuan rumah langsung tampil menekan. Para pemain Arab Saudi dipaksa turun ke belakang untuk mengamankan wilayahnya.

Peluang pertama Rusia didapat Aleksandr Samedov. Menerima umpan dari Mario Fernandes, upayanya masih bisa diblok pemain Arab. Dua menit berselang, giliran upaya Yuri Zhirkov yang diblok.

Terus menekan, Rusia akhirnya mendapat gol pertama di menit ke-12. Gazinskiy menjadi pencetak gol pertama di Piala Dunia 2018, setelah memaksimalkan umpan terukur Aleksandr Golovin.

Tertinggal membuat Arab coba keluar menyerang. Namun beberapa kali peluang yang didapat oleh Ilya Kitepov dan Mohammed Al-Sahlawi masih belum menemui sasaran.

Di tengah tekanan Arab, Rusia mesti kehilangan pemain andalannya Alan Dzagoev. Ia mengalami cedera dan digantikan Denis Cheryshev. Tapi masuknya eks pemain Madrid itu justru membuahkan hasil.

Pada menit ke-42, Cheryshev membawa Rusia memimpin 2-0. Mendapat sodoran Roman Zobnin, Cheryxhev mengecoh dua bek Arab sebelum menceploskan bola ke gawang Arab yang dijaga Abdullah Al-Maiouf. Keunggulan tuan rumah bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Rusia masih tampil menekan. Pada menit ke-52, Aleksandr Samedov melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun masih melayang ke atas gawang Arab Saudi.

Di menit ke-53, Arab coba membalas. Alburayk melepaskan crossing dari sisi kanan ke jantung pertahanan Rusia, namun Taissier Al-Jassam gagal menyambutnya di mulut gawang.

Pada menit ke-67, Rusia nyaris mendapat gol ketiganya. Roman Zobnin melepaskan tendangan mendatar ke gawang Arab Saudi, yang gagal ditangkap dengan baik oleh Al-Maiouf. Bola liar kemudian dibuang oleh Osama Hawsawi.

Di menit ke-72, tekanan Rusia akhirnya berbuah gol ketiganya. Artem Dzyuba yang baru dua menit masuk ke lapangan usai menggantikan Fedor Smolov, membawa timnya memimpin 3-0. Ia meneruskan crossing Aleksandr Golovin dengan sundulan di mulut gawang.

Unggul tiga gol membuat pemain Rusia kian percaya diri menggempur Arab. Di menit ke-77, Zobnin nyaris mencetak gol keempatnya andai sundulannya tepat sasaran.

Tekanan Rusia pun berlangsung hingga mendekati laga tuntas. Di masa injury time, dua gol tambahan bisa mereka lesakkan lewat kaki Cheryshev dan Golovin.

Cheryshev mencetak gol keduanya lewat umpan Dzyuba, sementara Golovin mencetak gol lewat tendangan bebas terukur di depan kotak penalti Arab. Skor 5-0 menjadi hasil akhir pertandingan, yang memastikan tuan rumah Rusia menang atas Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018.

Kemenangan ini membuat Rusia sementara memimpin Grup A dengan tiga poin. Sementara pertandingan Grup A lainnya antara Mesir vs Uruguay akan digelar di Ekaterinburg Arena, Jumat (15/6/2018) pukul 19.00 WIB.

Line Up

Rusia: Akinfeev, Fernandes, Kutepov, Igansevich, Zhirkov, Gazinskiy, Zobnin, Samedov (Kuzyaev 64′), Golovin, Dzagoev (Cheryshev 23′), Smolov (Dzyuba 70′)

Arab Saudi: Al-Maiouf, Alburayk, Os.Hawsawi, Om.Hawsawi, Al-Shahrani, Otayf (Al-Muwallad 64′), Al-Dawsari, Al-Faraj, Al-Jassam, Al-Shehri (SultanBabhir 72′), Al-Sahlawi (Asiri 84′). 

Tinggalkan Balasan