PLN Kaltimra Pastikan tak Ada Pemadaman Saat Ramadhan

0
31 views

Balikpapan, KabarBerita.id — Masyarakat tentu ingin mendapatkan ketenangan saat Ramadhan tiba. Salah satunya adalah dukungan PLN sebagai pemasok listrik untuk tidak melakukan pemadaman saat Ramadhan. Keinginan ini dijawab oleh oleh PLN Kaltimra yang berjanji selama Ramadhan tidak akan ada pemadaman listrik dari PLN.

Seperti yang dikatakan oleh General Manager PT. PLN (Persero) Wilayah Kaltimra, Riza Novianto Gustam, selama bulan ramadhan besok, jaringan listrik dipastikan tidak ada pemadaman.

“Pemadaman nggak ada. Kita sudah siap, jadi tidak ada pemadaman. Mudah-mudahan ya, doa. Bagaimana pun kan ngga boleh lepas dari doa,” ujarnya ketika ditemui disela sela acara Multi Stakeholder Forum 2018, Senin (14/5).

Untuk mendukung tersebut, pihak PLN membuat Standard Operating Procedure (SOP) khusus ketika memasuki hari-hari besar, seperti salah satunya Hari Raya Lebaran.

“Kita ada SOP-nya. Jadi setiap mau ada lebaran, ada hal-hal khusus, kita menyusun SOP khusus. Termasuk kita punya SOP sistem kalau terjadi sistemnya fail, mana yang menjadi backup. Lalu ada pemeliharaan, yang mana lagi yang masuk,” ungkapnya.

Disinggung mengenai langkah-langkah yang akan diambil jika pembangkit mengalami gangguan selama bulan ramadhan, Riza mengatakan sudah memiliki standar operasional untuk dijalankan.

“Kita punya SOP. Misalnya pembangkit A fail, ada pembangkit lain yang masuk. Kan kita punya membangkit cadangan, pembangkit peaking di Tanjung Batu,” ungkapnya.

Riza mengatakan, jika sewaktu-waktu pembangkit dasar gagal beroperasi, masih ada pembangkit peak load yang akan membantu dan menopang beban listrik agar tetap mengaliri seluruh wilayah yang menjadi jalur kelistrikan dari PLN.

“Kalau disiapkan dia tiba-tiba yang base load nya fail, Ya peak-nya kita operasikan jadi base semua. Walaupun itu mahal,” lanjutnya.

Tidak hanya dari sisi sistem pembangkit saja, Riza pun menambahkan juga akan menyiapkan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya.
“Pertama yang kami siapkan dari sisi pelayanan gangguan terhadap pelanggan. Misalnya pelanggan tersebut instalasinya atau rumahnya padam, ini sudah kami siapkan dengan tim yang ready,” pungkasnya.

Satu tim yang terdiri dari 2 orang tersebut meliputi satu bidang khusus untuk melayani pelanggan. “Kemaren kita juga sudah launching di Balikpapan ya. Itu ada tim pasang barunya, perubahan dayanya, kemudian ada tim untuk pemeriksaannya. Semua lengkap. Jadi itu nanti yang terus kerja patroli. Satu regu 2 orang, setiap hari ada 4 regu,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here