Berita  

Pengamat: Peta Pilgub Jabar Sulit Ditebak

Bandung, KabarBerita.id — Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Poldata Indonesia Fajar Arif Budiman mengatakan Jawa Barat adalah provinsi dengan pemetaan politik yang paling sulit ditebak.

Ahmad Heryawan adalah gubernur Jabar dua periode yang berasal dari PKS sementara Pileg 2014 di Jabar dikuasai oleh PDIP dengan perolehan 20 persen dari jumlah kursi yang tersedia, dan di 16 dari 27 DPRD kabupaten dan kota se Jabar. Itu artinya kedudukan Ahmad Heryawan sebagai gubernur tidak serta merta bisa menjadikan partainya sebagai penguasa di legislatif.

Begitu juga dengan kemenangan PDIP di Jabar tidak serta merta bisa memenangkan Jokowi-JK pada Pilpres 2014. KPU mengumumkan bahwa Jokowi-JK yang diusung oleh PDIP di Jabar hanya mampu meraih sebanyak 40,22 persen suara, kalah telak dibandingkan rivalnya Prabowo-Hatta yang berhasil maraup 59,78 persen suara masyarakat Jabar.

Berdasarkan pada keunikan tersebut, maka logika menang di Jabar berarti menang di nasional secara otomatis dapat dibantah. Simplifikasi semacam itu sudah tidak dapat diterapkan untuk melakukan kalkulasi politik yang lebih akurat.

Lantas apa yang membuat Prabowo-Hatta menang di Jabar pada saat Pilpres lalu. Fajar menyampaikan kemenangan Prabowo-Hatta tidak terlepas dari peran kepala daerah yang diusung oleh Partai Gerindra.

“Misalnya di Kota Bandung. Walikota Bandung pada saat itu adalah Ridwan Kamil diusung oleh Gerindra. Maka tidak heran jika Prabowo-Hatta memperoleh 57,69 persen suara mengalahkan Jokowi-JK yang hanya memperoleh 42,32 persen,” ujar Fajar dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (17/5).

Fajar malanjutkan, kemenangan Prabowo-Hatta di Kota Bandung dan Jabar artinya tidak terlepas dari peran Ridwan Kamil dan kepala daerah lainnya yang diusung oleh partai yang bergabung di Koalisi Merah Putih pada saat itu.

Selain itu, pasca terpilihnya Ridwan Kamil yang diusung Gerindra diketahui terdapat penambahan anggota DPRD Kota Bandung pada Pileg Kota Bandung 2014. Hal ini semakin menguatkan anggapan bahwa elektabilitas Ridwan Kamil turut menyumbang suara untuk Gerindra di Bandung.

Tinggalkan Balasan