Berita  

Moeldoko Minta Impor Beras tak Perlu Diributkan

Surabaya, KabarBerita.id — Kepala Staf Kepresidenan yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko mengimbau kebijakan impor beras tak perlu diributkan.

“Kaki saya satu di HKTI, satu di pemerintah. Saya harus berani menjelaskan, khususnya kepada petani, kalau kebutuhan nasional memang masih diperlukan, kita harus impor agar harga beras bisa terjaga dengan baik,” katanya kepada wartawan di Surabaya, Kamis malam.

Dia menjelaskan perlu tidaknya impor beras memang selalu disesuaikan dengan ketersediaan kondisi riil di Perum Bulog. “Kondisinya bisa dihitung dari jumlah panen setiap bulannya,” ujarnya.

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu menggambarkan saat ini panen selalu terjadi secara merata di seluruh Indonesia hampir tiap bulan.

“Sudah terjadi perubahan pola. Kalau dulu ada panen raya, sehingga kalau dibuat kurva tergambar naik turun. Sekarang kurvanya relatif sama karena karena hampir setiap bulan selalu panen,” katanya, menggambarkan.

Pertanyaannya, dari hasil panen yang terjadi merata di seluruh Indonesia hampir setiap bulan itu, apakah ketersediaannya cukup untuk kebutuhan nasional? Menurut dia, jawabannya adalah tergantung dari jumlah cadangan yang tersedia.

“Kalau cadangannya turun berarti memang harus impor karena kebutuhan nasional kita cukup besar,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan