Viral  

Menlu RI dan Yordania Bahas Solusi Kemerdekaan Palestina

Jakarta – Menlu RI Retno LP Marsudi bertemu dengan Menlu Yordania Ayman Safadi di Amman. Keduanya bicara soal solusi kemerdekaan bagi Palestina.

“Indonesia akan selalu berada bersama Palestina, karena Palestina berada di jantung politik luar negeri Indonesia,” kata Retno dalam pertemuan pada Rabu, 4 Oktober 2017 itu seperti dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri, Kamis (5/10/2017).

Retno dan Ayman sepakat bahwa solusi kemerdekaan Palestina adalah two state solution atau solusi dua negara. Ayman juga menyampaikan apresiasi untuk Indonesia melalui Retno atas komitmen mencari solusi bagi Palestina, termasuk dalam peristiwa di Masjid Al-Aqsa beberapa waktu lalu.

 

Menlu RI dan Yordania Bahas Solusi Kemerdekaan PalestinaFoto: Menlu RI Bertemu Menlu Yordania (Dok Kemlu_

Retno kemudian menyampaikan tantangan lain ke depan yakni masalah radikalisme dan terorisme. Retno menyebut Yordania sebagai mitra Indonesia untuk mengedepankan Islam yang rahmatan lil alamin.

“Indonesia dan Yordania sebagai 2 negara dimana Islam, pluralisme dan demokrasi berjalan berdampingan, harus dapat menyuarakan Islam Rahmatan lil’ Alamin dan memajukan kesejahteraan umat,” kata Retno.

Retno dan Ayman menyoroti krisis yang terjadi di Marawi, Filipina. Retno lalu mendorong agar nota kesepahaman tentang penanggulangan radikalisme segera diteken.

“Sebagai negara yang pluralis dan moderat, Yordania, adalah mitra alami dalam menyuarakan Islam Rahmatan lil’Alamiin,” ujar Retno.
(bag/rvk)

Tinggalkan Balasan