Berita  

Megawati Puja-puji China: Pengusaha Indonesia Banyak dari Sini

Tiongkok, KabarBerita.id — Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan hubungan persahabatan Indonesia dengan Tiongkok adalah sebuah hubungan persahabatan tradisional yang sudah dijalin sejak berabad-abad lalu.

“Hubungan persahabatan Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok sebetulnya sudah seperti persahabatan tradisional. Dari berabad lalu hubungan itu sudah terjalin,” kata Megawati dalam pertemuan dengan Gubernur Fujian, Tang Dengjie, di Fuzhou, Tiongkok, Senin.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu mengatakan bahwa Indonesia tidak bisa lepas dari pelaut kawakan asal Tiongkok Laksamana Cheng Ho. Hal ini adalah bagian dari sejarah persahabatan kedua negara.

Ia mengatakan bahwa Laksamana Cheng Ho datang ke Indonesia dan berkunjung ke beberapa tempat di Tanah Air.

“Laksamana Cheng Ho mengunjungi beberapa tempat yang situsnya sampai saat ini masih ada,” jelasnya. Selain itu, banyak warga Indonesia saat ini yang merupakan pendatang dari Tiongkok dan menjadi pengusaha di Tanah Air.

“Pengusaha-pengusaha Indonesia itu banyak berasal dari sini,” katanya.

Dengan demikian, kata Megawati, hubungan antara Indonesia dan Tiongkok tinggal dilanjutkan saja karena masih banyak yang dapat dilakukan kedua negara secara bersama-sama.

Ia pun mengenang kunjungannya ke Beijing, Tiongkok, puluhan tahun silam, saat dirinya masih menjadi anggota DPR RI.

Kala itu, kata Mega, penduduk Tiongkok masih banyak yang bersepeda dan menggunakan pakaian seperti pendekar kungfu. Akan tetapi sekarang, perubahan cepat terjadi di Tiongkok. Mayoritas penduduk, seperti di Kota Fuzhou, banyak yang naik motor listrik.

Tinggalkan Balasan