Berita  

Kloter Pertama Haji Indonesia Berangkat ke Saudi

Jakarta, KabarBerita.id — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Jumat pagi melepas kelompok terbang pertama jamaah haji Indonesia dari Jakarta tahun 1438 Hijriyah/ 2017 Masehi ke Tanah Suci, Arab Saudi.

“Karena kloter awal yang akan tiba lebih dahulu di Madinah dan beberapa minggu tinggal di Mekkah sebelum wukuf, maka mohon dijaga betul kesehatannya, jangan terlau diforsir untuk beribadah, mohon diimbangi dengan kondisi kesehatan,” kata Lukman di Jakarta, Jumat (28/7).

Kloter pertama yang dilepas itu dari embarkasi Jakarta Pondok Gede. Mereka adalah jamaah haji dari Provinsi DKI Jakarta yang berjumlah 393 orang terdiri atas 388 jemaah haji, satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta tiga orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Turut melepas jamaah seperti Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Abdurrahman dan sejumlah pejabat lainnya.

Menkes Nila Moeloek meminta jamaah haji senantiasa membiasakan pola hidup sehat denga istirahat yang cukup, menkonsumsi makanan yang cukup, juga minum air yang banyak agat terhindar dari dampak cuaca panas yang musim haji ini menyentuh hampir 48 derajat. Menurut Menkes, saat ini rata-rata jemaah haji berusia lanjut dan berkategori risiko tinggi.

Tinggalkan Balasan