Kamu Fresh Graduate? Bingung Cari Kerja Enga Dapet-Dapet, 6 Bisnis Ini Mungkin Cocok Untuk Kamu

KabarBerita.id, Jakarta – Lulus dan mendapatkan pekerjaan menjadi pilihan banyak mahasiswa yang baru saja mendapatkan gelar kelulusannya. Mereka selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Terbukti dari setiap ada bursa lowongan kerja maka akan di serbu oleh para pencari kerja.

Tidak sedikit dari mereka yang sudah membawa berpuluh-puluh CV dan lamaran tetapi mereka tidak mendapatkan satupun pekerjaan yang mereka inginkan. Padahal jika tujuan Anda mendapatkan uang, kenapa Anda tidak mencoba usaha yang menurut Anda bisa Anda geluti dengan modal minim. Ataupun tanpa modal sama sekali.

Hal terpenting setelah lulus atau istilah kerennya menjadi seorang fresh graduate, Anda sudah memiliki pemikiran ‘malu minta dengan orang tua.’ Pemikiran seperti ini sudah pasti akan membayangi Anda. Sudah selayaknya, Anda berpikir untuk mencari penghasilan untuk biaya hidup Anda. Jika Anda sudah melamar kerja namun hingga saat ini belum juga mendapatkannya, mungkin beberapa usaha ini bisa menambah pundi-pundi rupiah Anda. Maupun untuk tabungan Anda.

#1. Menjadi Reseller Produk

Sebagai fresh graduate mungkin salah satu cara ini dapat Anda jadikan pekerjaan untuk mendapatkan uang. Anda bisa mengambil produk-produk dari online shop atau meminjam langsung dari distributor produk. Memang cara ini susah-susah mudah, tapi jika Anda memiliki jiwa marketing sudah tentu Anda akan sukses untuk menjadi reseller produk. Meskipun dalam setiap usaha, Anda akan menemukan kesulitan dan ditolak. Tapi jangan sampai hal itu menciutkan Anda. Sudah banyak orang sukses yang pada walnya sering di tolak dalamsetiap melakukan penjualan.

#2. Berjualan Pulsa

Di Indonesia jumlah telepon seluler lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk. Saat ini satu orang biasanya menggunakan dua handphone. Dan jika satu handphone berisi dua kartu seluler, maka dua handphone terdapat empat kartu seluler. Jika Anda sebagai fresh graduate cerdik melihat bisnis ini, sudah tentu akan menguntungkan Anda. Sehingga bisnis ini bisa menjadi bisnis yang Anda geluti. Berjualan pulsa pun bisa dengan modal dibawah 500 ribu rupiah. Sehingga Anda pun tidak perlu khawatir dengan modal besar. Anda juga bisa berjualan pulsa untuk kerabat maupun rekan-rekan Anda.

#3. Jasa Pemotretan

Jika Anda memiliki sebuah kamera DSLR atau semi DSLR, daripada kamera Anda hanya nganggur di dalam lemari. Lebih baik Anda manfaatkan. Anda dapat membuka jasa foto wedding ataupun foto prewedding, sunatan, dan juga ulang tahun. Jika Anda bisa melakukannya, hasilnya pun akan lumayan. JAdi Anda dapat memiliki penghasilan, tanpa harus bekerja. Dengan memiliki jasa foto, Anda pun dapat membuka lapangan kerja baru. Anda bia memberikan job lain kepada orang lain. Seperti editing, bisa Anda serahkan kepada orang lain.

#4. Berbisnis Pakaian KW

Berbisnis pakaian KW bisa Anda coba untuk mendapatkan uang. Bisnis ini memang tidak mudah, tetapi jika Anda pandai berjualan berbisnis ini akan sukses. Jika di Jakarta Anda bisa mendapatkan produk-produk pakaian KW di dua pasar seperti Pasar Ular, Jakarta Utara, dan Pasar Taman Puring, Jakarta Selatan.

Meskipun di dua pasar tersebut menjual barang-barang KW, tetapi pasar ini menjual barang KW kualitas baik. Jika KW biasanya memiliki penomoran, maka kedua pasar ini menjual pakaian yang memiliki kualitas KW 1. Berjualan pakaian KW tidak memerlukan modal besar. Anda bisa memulai dari modal kecil mulai dari 200 ribu.

#5. Berbisnis Kerajinan Handmade

Bila kamu memiliki bakat di bidang seni, dan kamu saat ini sudah lulus, tetapi kamu tidak memiliki pekerjaan. Ada baiknya bakat seni kamu di kembangkan untuk mendapatkan uang. Kamu bisa mencoba membuat kerajinan handmade.

Kerajinan handmade yang kamu jual juga harus menjadi incaran banyak orang. Seperti untuk tas belanja, apa lagi saat ini jika berbelanja di supermarket harus membeli plastik. Tentunya jika Anda suka kerajinan maka Anda bisa melihat potensi ini sebagai ladang uang untuk Anda.

#6. Berjualan Makanan

Jika Anda memiliki hobi memasak, bisnis yang satu ini patut Anda coba. Apa lagi bisnis kuliner memiliki keuntungan yang cukup besar, jika kita pintar mengelolanya. Anda sebagai fresh graduate bisa mencoba bisnis yang satu ini untuk mendapatkan uang

Meskipun Anda berbisnis makanan yang sudah populer di pasaran, Anda masih bisa mencobanya. Jangan takut kehilangan pasar. Cara mudah agar bisnis yang makanan yang Anda geluti berkembang, Anda harus mencoba membuat makanan yang unik dan tidak mudah di tiru. Tinggal Anda coba beberapa cara dengan kreasi dan kreatifitas yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan