Istri Mahathir Muhammad Curhat Usai Suaminya Jadi PM Tertua di Dunia

0
3,557 views

Kuala Lumpur, KabarBerita.id — Mahathir Mohamad dalam pemilihan umum (pemilu) Malaysia 2018 sungguh tidak diprediksi. Sebab, pria berusia 92 tahun itu dianggap sudah terlalu tua untuk memimpin sebuah negara. Usia yang tidak muda lagi membuat banyak pihak ragu pria berjuluk ‘Dokter M’ itu mampu memimpin Negeri Jiran.

Perasaan yang sama sempat menghinggapi istrinya, Dokter Siti Hasmah Mohamad Ali. Perempuan berusia 91 tahun itu setia menemani suaminya selama berkampanye di Langkawi guna memuluskan langkah koalisi Pakatan Harapan untuk menumbangkan koalisi Barisan Nasional yang telah bercokol selama puluhan tahun. Ironisnya, Mahathir Mohamad lah yang membentuk Barisan Nasional.

Dokter Siti mengaku sempat berpikir bahwa mereka akan menikmati masa pensiun yang damai ketika Mahathir mundur pada 2003 setelah 22 tahun berkuasa. Ia sudah merencanakan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga yang terdiri dari tujuh orang anak, 18 cucu, dan satu cicit.

“Senang atau sedih? Rasanya campur aduk. Saya tidak bisa membantah bahwa ada kekecewaan karena kami seharusnya memiliki masa pensiun yang indah. Tetapi dia kini kembali ke dunia politik dan saya harus mendukung serta menjaganya,” ujar Siti Hasmah, mengutip dari Today Online, Jumat (11/5/2018).

Perempuan berkacamata itu mengatakan bahwa Mahathir Mohamad tidak pernah berkata jujur kepadanya tentang karier di dunia politik. Namun, Siti paham betul bahwa peran yang harus diembannya cukup sebagai istri yang baik bagi Mahathir Mohamad.

“Anda harus menjadi diri sendiri. Jangan pernah berusaha menyaingi suami Anda, tetapi cukup ikuti langkahnya dan dukung dengan sepenuh hati. Anda tahu harus berada di posisi mana, karena secara tradisional, yang berlaku dalam budaya Asia adalah istri di samping suami,” imbuhnya.

Mahathir Mohamad dan Siti Hasmah menikah pada 1956. Keduanya pertama kali bertemu saat sama-sama menempuh kuliah kedokteran di Singapura. Dalam memoar berjudul ‘Namaku Hasmah’ yang diterbitkan pada 2016, ia menyebut Mahathir Mohamad sebagai pahlawan yang membantunya menyelesaikan kuliah.

Mahligai rumah tangga Mahathir Mohamad dan Siti Hasmah kini sudah memasuki usia 62 tahun. Menurut perempuan kelahiran Selangor itu, kunci langgengnya pernikahan adalah ‘cinta dan sedikit udara segar’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here