Ini 8 Agenda Presiden Jokowi di Turki Bersama Erdogan

ANKARA, Kabarberita.id – Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kenegaraannya ke Turki akan membahas tiga hal utama dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdo’an di Ankara, Turki.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Ankara, Rabu, mengatakan ada tiga fokus bahasan yang akan dibicarakan dalam kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pertama kalinya ke Turki meliputi pengembangan kerja sama di bidang ekonomi melalui peluncuran “Indonesia-Turki Comprehensive Economic Partnership” atau IT-CEPA, kerja sama pengembangan industri strategis, dan “counter terorisme”.

“Jadi ada 8 kegiatan yang akan dilakukan oleh Presiden dalam kunjungan kenegaraan besok ke Ankara, Presiden akan tiba malam ini di Ankara,” tutur Retno.

Presiden Jokowi dalam agenda pertamanya akan berkunjung ke The Mausoleum of Ataturk untuk meletakkan karangan bunga. Agenda berlanjut kunjungan ke masjid terbesar di Ankara yakni Masjid Kocatepe yang dibangun sepanjang 1967 dan 1987.

“Acara resmi akan dimulai dengan penyambutan kenegaraan oleh Presiden Turki kemudian dilanjutkan pertemuan yang sifatnya lebih terbatas yaitu pertemuan “tete-a-tete” atau empat mata yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral secara lebih luas,” tuturnya.

Setelah itu akan ada penandatanganan dua nota kesepahaman yakni soal kerja sama di bidang kesehatan dan peluncuran negosiasi Indonesia-Turki Comprehensive Economic Partnership atau IT-CEPA.”Setelah itu kedua Presiden akan memberikan pernyataan pers bersama. Kemudian akan diikuti dengan jamuan kenegaraan,” ucapnya, menjelaskan.

Agenda berlanjut dengan “one on one meeting”, di mana akan ada tiga pertemuan bisnis dalam konsep “one on one” yang akan dilakukan oleh Presiden.

“Presiden selanjutnya akan bertemu dengan kalangan bisnis yang lebih luas. Kita tidak mengundang banyak orang tetapi hanya perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki minat yang sudah sangat tinggi untuk melakukan kerja sama dengan Indonesia,” katanya.

Setelah itu rencananya pada 6 Juli 2017 sore sekitar pukul 18.00 waktu setempat Presiden Jokowi akan meninggalkan Turki menuju Hamburg, Jerman, untuk menghadiri KTT G20 2017.

Senja dengan cuaca yang cerah berawan menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Ankara, Turki, untuk memulai kunjungan kenegaraan di negara tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Ibu Negara tiba di Bandara Esenboga Havalimani Ankara, Turki, Rabu sekitar pukul 19.30 waktu setempat atau sekitar pukul 23.30 WIB.

Cuaca cerah berawan dengan suhu 28 derajat celcius dan matahari yang bersinar terik menyambut kedatangan Presiden Ketujuh RI tersebut meskipun waktu telah menunjukkan waktu malam jika dibandingkan dengan Jakarta.

Sejumlah pejabat yang tampak turut serta menyambut kedatangan Presiden Jokowi di antaranya Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki Wardana, Atase Pertahanan Kol Laut (S) Yusliandi Ginting, dan Deputy Prime Minister Turki Nurettin Canikli.

Sedangkan sejumlah pejabat dan menteri yang turut serta dalam rombongan Presiden Jokowi di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BKPM Thomas Lembong, Plt Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dan Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Ari Setiawan.

Tinggalkan Balasan