Berita  

Gubernur Irwandi: Pasokan Listrik Dukung Kawasan Ekonomi Arun

Lhokseumawe, KabarBerita.id — Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meresmikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sumbagut 2 Peaker berkapasitas 250 megawat di Kecamatan Muara Satu, Desa Meuriah Paloh, Kota Lhokseumawe.

“Ketersediaan pasokan tenaga listrik di Wilayah Aceh, khususnya di Kota Lhokseumawe, akan mendukung masuknya investor dalam membangun investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe,” kata Irwandi Yusuf di Lhokseumawe, Jumat.

Peresmian tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Irwandi bersama Walikota Lhokseumawe, Suadi Yahya, GM PLN Aceh, Jefri Rosiadi dan pejabat PLN lainnya.

Menurut dia tanpa listrik, semua tidak bisa berjalan dan para investor tida mau menamankan modalnya di Aceh, jika pasokan listrik tidak lancar.

Irwandi mengatakan kehadiran pembangkit listrik tersebut akan memperkuat Sistem Kelistrikan Wilayah Aceh dan diharapkan dapat beroperasi pada akhir tahun 2019.

Ia menjelaskan penambahan energi listrik, harus dilakukan guna memenuhi kebutuhan masa depan, salah satunya langkah yang dilakukan adalah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 2 berkapasitas 250 MW.

Gubernur Irwandi mengatakan masalah energi listrik Aceh dapat teratasi dengan dibangunnya pembangkit dan kehadirannya nanitnya dapat mendukung kebutuhan energi listrik yang cukup besar untuk berbagai usaha, yang ada di KEK Arun-Lhokseumawe.

Irwandi menambahkan beberapa pembangkit yang telah dibangun di Aceh juga akan memasuki tahap penyelesaian, seperti PLTA Peusangan berkapasitas 84 MW dan pembangkit listrik energi panas Bumi Jaboi, Sabang, yang berkapasitas 80 MW.

Selain itu, sumber energi listrik panas bumi Seulawah juga sedang dikerjakan dan siap berproduksi tahun 2020, dengan kapasitas awal 55 MW dari 165 MW kapasitas yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan