Aneka Gambar Alat Musik Tradisional Indonesia

0
39 views
gambar alat musik tradisional angklung
foto: satujam.com
gambar alat musik tradisional angklung
foto: satujam.com

KabarBerita.id — Indonesia kaya akan suku bangsa. Keragaman bangsa ini turut memperkaya berbagai budaya yang ada di tanah air. Termasuk di dalamnya ragam alat musik tradisional. Kita mungkin kerap mendengar berbagai jenis alat musik tradisional, tetapi jarang melihat bagaimana gambar alat musik tradisional.

Alat musik tradisional beraneka ragam. Ada alat musik pukul, tiup, petik dan lainnya. Bentuknya pun cukup beragam. Ada yang terbuat dari bahan-bahan lokal seperti bambu sehingga menambah kesan etnik. Memang lebih jelasnya mari kita simak gambar alat musik tradisional berikut ini.

Gambar Alat Musik Tradisional Panting

gambar alat musik tradisional panting
foto:wacana.co

Panting adalah alat musik asli Banjar, Kalimantan. Panting adalah alat musik petik. Bentuknya seperti gitar kecil atau gambus. Panting tradisional awalnnya hanya terdiri dari tiga senar saja.

Masing-masing senar memiliki makna tersendiri. Senar pertama namanya pangalik, fungsinya untuk melodi. Sementara senar kedua adalah penggundah fungsinya sebagai penyusun lagu. Tali ketiga namanya agur, fungsinya sebagai bass.

Era modern panting sudah memiliki lebih banyak senar sehingga suaranya pun lebih merdu dan jangkauan nadanya bisa lebih banyak. Meski sudah tersentuh sentuhan modern, panting masih kerap diasosiakan dengan beberapa ritual. Jika dimasukkan kekuatan magis, dipercaya suaranya akan jauh lebih dahsyat.

Gambar Alat Musik Tradisional Serunai

gambar alat musik tradisional serunai
foto: alatmusik.org

Kali ini alat gambar alat musik tradisional dari Minang, namanya Serunai. Serunai adalah alat musik tiup. Bentuknya kecil mirip seperti seruling tetapi ujungnya mengelembung.

Dipercaya serunai mendapatkan pengaruh dari wilayah Kashmir India. Serunai di India dikenal dengan nama Shennai. Shennai kerap digunakan oleh pawang ular untuk mengendalikan ular.

Di Indonesia Serunai sudah populer di tanah Minangkabau. Hingga kini serunai banyak dikenalkan oleh suku Minang ke seluruh Nusantaraa bahkan hingga ke rumpun Malaysia.

Gambar Alat Musik Tradisional Demung

gambar alat musik tradsisional
foto: alatmusik.org

Demung adaah alat musik dari tanah jawa. Demung termasuk dalam satu set alat musik gamelan. Ada dua jenis demung dalam sebuah set gamelang yakni demung slendro dan demung pelog.

Mirip dengan saron yang juga dipukul, demung memiliki nada yang lebih rendah. Tetapi tabuh demung lebih besar dan lebih berat daripada saron. Demung digunakan untuk mengirigi berbagai pola nama mengikuti dengan irama jenis gending atau lagu dalam bahasa Jawa

Gambar Alat Musik Tradisional Sasando

gambar alat musik tradisional
foto:mamikos.com

Sasando adalah salah satu alat musik tradisional yang sangat terkenal dari NTT. Sasando tepatnya berasal dari Pulau Rote. Menurut bahasanya, Sasando berasal dari kata sasandu yang artinya bergetar.

Bentuknya cukup unik karena ada bagian anyaman yang digunakan untuk resonansi. Senar-senar dibuat rentagan dari atas ke bawah dan diberikan ganjalan. Nah, ganjalan yang berbeda-beda inilah yang mengeluarkan nada yang berbeda dari sasando.

Sasando kemudian ditaruh ke dalam sebuah wadah yang biasanya dibuat dari anyaman daun. Wadah ini selain sebagai ciri khas sasando juga sebagai tempat resonansi.

Gambar Alat Musik Tradisional Ketipung

gambar alat musik tradisional ketipung
foto: alatmusik.org

Siapa yang tidak kenal dengan ketipung? Ketipung biasa digunakan untuk musik dangdut, keroncong maupun musik melayu. Bentuknya seperti gendang tetapi hanya lebih kecil saja.

Rangkanya sama terbuat dari kayu tetapi memiliki ukuran lubang yang lebih kecil dari pada gendang. Suaranya yang khas membuat ketipung juga banyak digunakan oleh pengamen jalanan.

Gambar Alat Musik Tradisional Angklung

gambar alat musik tradisional angklung
foto: satujam.com

Angklung adalah alat musik terkenal dari masyarkat Sunda. Angklung dibunyikan dengan cara digoyangkan sampai terdengar bunyi yang bergetar. Susunannya sudah sangat rapih dan menghasilkan bunyi yang khas.

Angklung dibuat dari susunan bambu-bambu yang dipangkas ujungnya seperti pipa dalam sebuah piano atai organ. Kemudian pipa-pipa bambu tersebut disatukan dan bisa mengeluarkan nada berbeda setiap digoyangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here