Berita  

Erdogan Keliling Teluk Selesaikan Krisis Qatar

Ankara, KabarBerita.id — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu (23/7) memulai lawatan penting ke Teluk untuk membantu mengatasi kebuntuan upaya penyelesaian masalah sekutunya, Qatar.

Erdogan, yang negaranya membantu Qatar dalam perselisihan tersebut, melakukan pembicaraan di Jeddah dengan Raja Salman, yang memuji upaya pemimpin Turki itu dalam memerangi terorisme dan pendanaannya.

Kantor berita negara Arab Saudi, SPA, menuturkan Erdogan juga bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman sebelum berangkat ke Kuwait untuk melanjutkan lawatan.

Di Kuwait, Erdogan disambut oleh Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad Al-Sabah, yang telah berusaha menjadi penengah untuk menyelesaikan krisis itu.

Presiden Turki dijadwalkan mengunjungi Qatar pada Senin untuk melakukan pembicaraan tatap muka pertamanya dengan Emir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani sejak krisis dimulai. “Tidak ada yang ingin memperpanjang krisis ini lagi,” kata Erdogan sebelum meninggalkan Istanbul.

Dia menuduh “para musuh” berupaya “meningkatkan ketegangan antara saudara” di kawasan itu. Erdogan memuji sikap Qatar dalam krisis itu, mengatakan bahwa Doha telah berusaha menemukan solusi melalui dialog. “Semoga kunjungan kami akan bermanfaat bagi kawasan,” katanya.

Tinggalkan Balasan