Diimbangi India, Indonesia Tatap Perempat Final Piala Asia U-16

0
19 views

KUALA LUMPUR, Kabarberita.id– Timnas Indonesia melaju ke babak perempatfinal Piala Asia U-16 dengan status juara Grup C. Hasil itu didapat setelah imbang 0-0 dengan India.

Bermain di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018) malam WIB, Indonesia langsung mencoba mengambil inisiatif serangan. Tekanan diberikan Indonesia lewat sisi kanan, namun upaya tersebut masih gagal.

India melancarkan serangan balik di menit kelima. Umpan silang dilepaskan dari sisi kiri, yang di sambut oleh Vikram Partap. Dalm posisi bebas, Vikram gagal menyundul bola dengan sempurna dan melebar dari target.

Sutan Zico melakukan tusukan dari sisi tengah lapangan ke menuju dalam kotak penalti India pada menit ketujuh. Dua pemain berhasil dia lewati Zico, namun tak kunjung mendapat ruang tembak. Kesempatan pun terbuang sia-sia.

Indonesia melakukan serangan di menit ke-14. David Maulana melepas tembakan di depan kotak penalti India, namun arah bola masih melenceng di sisi kanan gawang. Indonesia kembali mendapat peluang di menit ke-18. Umpan silang Bagas Kaffa dari sisi kanan gagal disambar Bagus Kahfi, setelah bola cuma melintas di sela-sela kaki.

India balik mengancam di menit ke-19. Ricky John mendapat ruang tembak setelah menerima bola dari umpan tarik. Dari jarak dekat Ricky melepaskan tembakan, namun bola masih bisa diblok Fadilah Nur Rahman.

Peluang emas didapat Indonesia pada menit ke-30. Supriadi berhasil berhadapan satu lawan satu dengan kiper setelah melakukan umpan satu-dua dengan Zico, namun kontrol bola yang buruk dari Supriadi membuat kiper dengan mudah memotong laju bola.

Bagus nyaris melesakkan gol untuk Indonesia di menit ke-41.. Umpan dari Andre Oktaviansyah diteruskan oleh Supriadi ke Bagus untuk melepaskan tembakan, namun laju bola masih sedikit melebar. Belum ada gol dari kedua tim hingga turun minum. Babak pertama pun tuntas dengan skor 0-0.

Awal-awal babak kedua berjalan dengan tempo yang sediki lambat. Kedua tim lebih banyak berhati-hati dalam melakukan serangan.

Ancaman dibuat India ke gawang Indonesia pada menit ke-62. Ridge Melvin lepas dari posisi off-side dan berhadapan satu lawan satu dengan Ernando Ari. Ridge mencoba melewati kiper, namun laju bola melebar dan bisa diamankan pemain belakang Indonesia.

India kembali mendapat momentum untuk melesakkan gol. Umpan tarik dilakukan pemain India dari sisi kiri pada menit ke-70. Bola disodorkan ke arah Vikram untuk langsung ditembak ke arah gawang Indonesia, namun bola masih bisa diblok.

Indonesia mendapat kesempatan lewat tendangan bebas setelah Salman dilanggar pada menit ke-77. Tendangan bebas dieksekusi Rendy Juliansyah, namun arahnya masih menyamping di sisi kanan gawang India.

Ancaman dibuat Brylian pada menit ke-86. Berawal dari umpan tarik Salman, tembakan dilepaskan Brylian di depan kotak penalti, namun bola sedikit melambung di atas mistar.

Tak ada gol sampai laga tuntas. Hasil imbang 0-0 sudah cukup membawa Indonesia dan India melangkah ke perempatfinal.

Indonesia dan India sama-sama mengoleksi lima poin, namun Indonesia lebih berhak menjadi juara Grup C setelah unggul selisih gol. Indonesia mengoleksi tiga gol dan kebobolan satu kali, sementara India cuma punya satu gol tanpa kebobolan.

Susunan Pemain:

India: Niraj Kumar; Thoba Singh, Shabas Ahammed, Gurkirat Singh, Bikash Yumnam, Ravi Bahadur Rana, Givson Singh, Ricky John, Bekey Oram, Vikram Partap, Ridge Melvin.

Indonesia: Ernando; Yudha, Fadilah R, Komang, Bagas Kaffa; Brylian, Andre Oktaviansyah, David Maulana; Sutan Zico, Supriadi, Bagus Kahfi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here