Berita  

Bicarakan Qatar, Menlu AS Tiba Di Teluk

Image result for Qatar

Istanbul/Doha, KabarBerita.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson tiba di Kuwait pada Senin untuk mengadakan pembicaraan yang bertujuan menyelesaikan krisis akibat pemutusan hubungan dengan Qatar oleh Arab Saudi dan para sekutu Arab.

Di Doha, seorang diplomat Arab mengatakan pembentukan suatu “mekanisme pemantauan keuangan teror,” akan menjadi isu yang termasuk akan dibahas dalam pembicaraan itu, tetapi ia menolak untuk memberikan rincian.

Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memberlakukan sanksi-sanksi bulan lalu, menuduh Doha mendanai terorisme, yang dibantahnya.

Kemlu AS menyatakan Tillerson, yang berusaha menjalin hubungan ekstensif di Teluk sebagai pimpinan ExxonMobil, akan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Kuwait, Qatar dan Arab Saudi.

Menlu Tillerson terbang dari Istanbul, tempat dia menghadiri konferensi minyak internasional.

R.C. Hammond, penasehat senior Tillerson, mengatakan ia akan menjajaki cara-cara untuk mengakhiri kebuntuan setelah penolakan Qatar terhadap 13 tuntutan yang diajukan negara-negara Arab itu sebagai syarat untuk mengakhiri sanksi-sanksi.

“Lawatan-lawatan ke Arab Saudi dan Qatar merupakan usaha untuk menjajaki kemungkinan,” kata Hammond, yang menambahkan bahwa 13 tuntutan tersebut “telah berlaku” dan “tak layak lagi untuk dipertimbangkan sebagai sebuah paket. Secara individu sudah ada hal-hal yang berlaku di sana”.

Tuntutan-tuntutan tersebut mencakup penutupan Aljazirah, jaringan televisi yang berbasis di Qatar, dan sebuah pangkalan militer Turki. Arab Saudi dan para pendukungnya, yang menuduh Aljazirah sebagai media bagi ekstrimis dan agen pengaruh dalam urusan-urusan mereka, telah mengancam sanksi-sanksi lebih lanjut terhadap keamiran itu. Aljazirah membantah tuduhan-tuduhan tersebut.

Riyadh dan para pendukungnya menuduh Qatar mendanai kelompok-kelompok ektrimis dan bersekutu dengan Iran, rival regional negara-negara Arab di Teluk. Qatar membantah bahwa pihaknya mendukung organisasi-organisasi militan.

Krisis itu telah mengganggu perjalanan, impor pangan ke Qatar, menaikkan ketegangan di Teluk dan menimbulkan kebingungan di kalangan pebisnis sementara mendorong Qatar lebih mendekat ke Iran dan Turki yang menawarkan dukungan.

AS khawatir krisis itu akan berdampak pada operasi kontra terrorisme dan militernya dan meningkatkan pengaruh regional Teheran, yang mendukung Qatar dengan mengizinkannya untuk menggunakan hubungan udara dan laut melalui wilayahnya.

Qatar menjadi tuan rumah pangkalan udara Udeid, fasilitas militer terbesar AS di Timur Tengah, dari sana pesawat-pesawat koalisi pimpinan AS melakukan penerbangan untuk menyerang IS di Suriah dan Irak.

Tinggalkan Balasan