Bank Pembangunan Asia Siap Utangi Jokowi-JK Rp 15 Triliun

0
3 views
Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Bali, KabarBerita.id — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan Indonesia siap menerima dana pinjaman dan bantuan bencana darurat dari Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) dengan nilai mencapai US$1 miliar atau sekitar Rp15 triliun untuk pemulihan daerah-daerah yang terdampak bencana alam Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, Presiden ADB Takehiko Nakao telah mengumumkan komitmen ADB untuk memberikan dana pinjaman dan bantuan kepada Indonesia. Komitmen itu disampaikan di sela pertemuan tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10).

Meski begitu, JK mengatakan pemerintah perlu berhitung lebih dulu mengenai jumlah kebutuhan pinjaman dan bantuan yang diperlukan. Sebab, meski ADB telah berkomitmen memberikan dana senilai US$1 miliar, namun realisasi pencairannya tetap bergantung pada total kebutuhan Indonesia.

“Tentu dicairkan kalau dibutuhkan. Kami menerima bantuan dan pinjaman jangka panjang sesuai kebutuhan kami, tidak akan berlebihan,” ucap JK, Sabtu (13/10).

Sayangnya, JK menyampaikan belum bisa memberikan rincian porsi dana yang diperoleh dari pinjaman maupun bantuan dari ADB. Selain itu, ia juga belum bisa merinci berapa sebenarnya kebutuhan Indonesia untuk pemulihan daerah terdampak bencana Sulawesi Tengah.

“Jumlahnya lagi dihitung dengan apa yang harus dibangun. Estimasinya belum dihitung, lagi didata semua kerusakan rumah, infrastruktur, dan lainnya. Baru nanti kami bicarakan lagi dengan ADB,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here