Bagi Penderita Mag, Ini Aturan Aman Konsumsi Yoghurt

ilustrasi Youghurt
ilustrasi Youghurt

Kabarberita.id – Selama ini yoghurt dianggap sebagai makanan yang sehat, namun rasanya yang asam seringkali dikhawatirkan bagi para penderita maag. Walau demikian, penderita maag sebenarnya masih tetap bisa mengonsumsi yoghurt.

Namun, menurut ahli gizi Emilia Achmadi, harus dikenali dahulu masalah maag yang diderita. Gangguan pencernaan ada dua tipe, yakni gangguan pencernaan biasa dan akut (ulcer atau maag).

“Kalau akut, biasanya terjadi luka yang disebabkan bakteri patogen sehingga harus diobati dengan antibiotik,” ujar Emilia saat ditemui VIVA di Jakarta.

Bagi penderita maag jenis ini, mengonsumsi yoghurt tidaklah membantu. Sementara bagi penderita gangguan pencernaan biasa, masih bisa mengambil manfaat yoghurt.

“Tapi saya menyarankan konsumsi yoghurt kalau sudah makan makanan padat. Kalau makan dalam keadaan perut kosong akan memicu asam lambung lebih lagi, jadi tidak menyelesaikan masalah,” imbuhnya.

Emilia melanjutkan, sebaiknya yoghurt yang dipilih adalah yoghurt varian original. Yoghurt ini dinilai lebih efektif bagi penderita gangguan pencernaan dengan asam lambung berlebih.

“Berapa banyak yang dikonsumsi? Idealnya satu porsi adalah 125 gram,” tutup Emilia.’

Sumber : VIVA

Tinggalkan Balasan