Berita  

ACT Targetkan Salurkan 62.250 Hewan Kurban ke 45 Negara

SEMARANG, Kabarberita.id — Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menargetkan pengiriman 62.250 hewan kurban kambing dan domba pada Hari Raya Idul Adha 1439 H pertengahan Agustus 2018 mendatang.

Kepala Cabang ACT Jawa Tengah Sri Suroto dalam keterangannya Kamis (19/7/2018) di Kota Semarang mengatakan pada tahun lalu, Global Qurban menyapa 250 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia serta 40 negara pra-sejahtera maupun yang terpapar krisis kemanusiaan.

“Jumlah wilayah jangkauan distribusi kurban ini meningkat pada tahun ini. Tahun 2018, Global Qurban akan membawa amanah kurban masyarakat Indonesia ke 265 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia dan 45 negara dengan target pengiriman 62.250 hewan kurban setara kambing,”katanya Kamis (19/7/2018) di Kota Semarang.

Sementara, Giyanto selaku Program Staff ACT Jawa Tengah menjelaskan, target wilayah distribusi mencakup pelosok negeri, di mana mayoritas masyarakatnya sangat membutuhkan. Untuk wilayah distribusi di Jawa Tengah, akan menjangkau 35 kabupaten/kota dengan target  22.500 penerima manfaat.

“Saudara di pelosok Jawa Tengah akan kami sapa. Rencana distribusi kurban dari Lumbung Ternak Masyarakat (LTM) Sambong, Cepu, Blora didistribusikan ke tujuh zona, meliputi Solo Raya, Banyumas, Pati, Kedu, Semarang Raya, Pekalongan dan Tegal. Untuk segmen implementasi kurban tidak hanya di pelosok Jawa Tengah tetapi juga lokasi yang sering terdampak bencana alam, seperti di Trimulyo, Semarang dan Sayung, Demak. ” terang Giyanto.

Sementara itu, momen kebersamaan juga akan dirasakan melalui program Dapur Qurban yang akan menyasar wilayah pra-sejahtera di tujuh zona distribusi kurban di Jawa Tengah. 

Momen ini diwujudkan dengan santap bersama menu utama daging kurban yang dimasak dengan sajian khas kuliner daerah setempat. Ini membantu masyarakat betul-betul menikmati kebersamaan saat Idul Adha, termasuk yang mungkin hari itu tak memiliki bahan makanan lainnya kecuali daging kurban.

“Nantinya  momen kurban tahun ini akan dinikmati oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari mereka yang mampu, hingga mereka yang membutuhkan. Baik itu di dalam negeri, maupun luar negeri. Idul Adha itu mempersatukan umat. Jadi benar, Idul Adha adalah hari besar umat Islam, dengan segala kebersamaannya, bahkan lintas benua,” pungkasnya. 

Tinggalkan Balasan