Berita  

ACT Gagas Program Humanity Food Van Selama Bulan Ramadhan

Branch Manager ACT Jawa Tengah Sri Suroto dalam keterangannya kepada wartawan dalam program “Beri Ramadhan Terbaik” pada Senin (14/5/2018). (Foto: Dwi Purnawan)
Branch Manager ACT Jawa Tengah Sri Suroto dalam keterangannya kepada wartawan dalam program “Beri Ramadhan Terbaik” pada Senin (14/5/2018). (Foto: Dwi Purnawan)

SEMARANG, Kabarberita.id – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggagas berbagai program kemanusiaan selama bulan Ramadhan 1439 H dengan tajuk “Beri Ramadhan Terbaik” yang resmi diluncurkan oleh ACT Jawa Tengah pada Senin (14/5) di Kota Semarang.

Branch Manager ACT Jawa Tengah Sri Suroto dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan bahwa semangat “Beri Ramadhan Terbaik” masyarakat Indonesia, khususnya Muslim, bisa mewujudkan amalan terbaik dengan membahagiakan jutaan masyarakat paling membutuhkan hingga korban krisis kemanusiaan. Semua dapat dilakukan melalui program filantropi yang digagas ACT selama bulan Ramadhan.

“Di dalam negeri, kita memiliki program Humanity Food Truck (HFT), truk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan. Insya Allah, Ramadhan nanti Humanity Food Truck akan berkeliling ke wilayah pra-sejahtera di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat,”katanya.

HFT tersebut, kata Sri, akan menyediakan makanan berbuka puasa gratis untuk masyarakat pra-sejahtera. “Akan ada pula Humanity Food Van, miniatur HFT yang juga akan hadir di 14 kota di Indonesia selama Ramadhan,” ujarnya lagi.

Secara khusus, Sri mengatakan bahwa ACT juga melaksanakan beberapa program kemanusiaan di berbagai kabupaten/kota selama Ramadhan. Secara rutin ACT Jawa Tengah akan mengadakan buka bersama dhuafa dan pendistribusian paket pangan Ramadhan berupa sembako untuk masyarakat di desa-desa pra sejahtera yang terangkum dalam program Pelosok Jateng.

“Nantinya juga akan dilaksanakan program peduli lansia, berupa Pesantren Lansia dengan mengadakan senam lansia, pemeriksaan kesehatan, paket sahur dan berbuka puasa untuk 100 lansia dhuafa yang rencananya akan diadakan di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang,”jelasnya.

Selain itu, kata Sri, ACT Jawa Tengah juga akan mengimplementasikan program Mobile Sosial Rescue (MSR), yaitu program yang menangani pasien medis kurang mampu yang memerlukan biaya tinggi serta tidak tercover oleh BPJS.

ACT Jawa Tengah, katanya lagi, saat ini sedang mengangkat lima kasus pasien kurang mampu, yakni Ossy penderita kanker tulang di Kendal, Sabilillah penderita tumor kepala di Pati, Yudha penderita gagal fungsi hati di Demak, Fatimah penderita leukimia di Klaten dan Amin penderita hedrosepalus di Banjarnegara.

Secara global, imbuh Sri, ACT antara menggelar solidaritas kemanusiaan dunia islam (SKDI), yaitu program pangan untuk membantu masyarakat di negara konflik maupun negara miskin. Insya Allah, Ramadhan 1439 H, akan ada delapan negara yang akan disapa ACT.

“Mereka di antaranya Palestina, Suriah, Yaman, Somalia, Kashmir, Mongolia, Bangladesh (Rohingya), dan Myanmar (Rohingya),”tandasnya.

Sementara itu, berbagi kebaikan juga meluas hingga luar negeri, khususnya di negara-negara yang mengalami krisis kemanusiaan.

“ACT turut menyuplai kebutuhan pangan selama Ramadhan bagi masyarakat yang terkena dampak krisis kemanusiaan. Kebutuhan pangan tersebut di antaranya, paket pangan Ramadhan, paket iftar, serta paket pangan Idul Fitri,”pungkasnya. 

Tinggalkan Balasan